Ahad 17 Sep 2023 07:22 WIB

Tips Buat Rencana Traveling ala Pakar Travel

Sepadat-padatnya jadwal liburan, penting untuk bisa bersikap fleksibel.

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah wisatawan asing antre menaiki kapal di pelabuhan Gili Trawangan, Lombok. Rencanakan agenda wisata dengan baik agar liburan berjalan lancar.
Foto:

Beri ruang untuk fleksibilitas

Rencana perjalanan memang bagus, tetapi hanya ada sedikit hal yang dapat diperhitungkan sebelumnya. Itulah sebabnya Anda sebaiknya menyisakan setidaknya sedikit ruang untuk fleksibilitas.

“Sebagai orang Tipe-A, saya selalu ingin merencanakan segala sesuatunya setiap saat, namun selama bertahun-tahun saya telah belajar bahwa ini bukanlah cara yang tepat untuk merencanakan perjalanan,” ujar Brittany Mendez, pakar perjalanan dan kepala pemasaran FloridaPanhandle.com.

Anda tidak pernah tahu kapan akan terjadi sesuatu yang akan mengacaukan rencana Anda mungkin badai tiba-tiba akan muncul, Anda akan terbangun karena migrain suatu pagi, lokasi yang ingin dikunjungi ditutup sementara selama beberapa waktu, dan seterusnya.

Bawalah pakaian cadangan

Jika Anda memeriksa bagasi, pastikan untuk membawa pakaian ganti atau pakaian serbaguna di dalam tas Anda (termasuk pakaian dalam dan kaus kaki). “Jika bagasi Anda hilang dan butuh waktu lama untuk sampai ke Anda, Anda akan sangat bersyukur karena Anda sudah menyiapkan pakaian ganti,” kata agen perjalanan Kalyn Franke.

Simpanlah sepasang sandal

Salah satu pendiri Euro Travel Coach, merekomendasikan penggunaan sandal di pesawat untuk kenyamanan dan sanitasi. Baik itu sandal amenity dari pengalaman menginap di hotel sebelumnya atau sepasang sandal murah, penting untuk memilikinya.

“Jika kaki Anda membengkak selama penerbangan, Anda akan tetap merasa nyaman, dan Anda bisa berjalan menyusuri lorong pesawat dengan sesuatu di kaki Anda,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement