Jumat 15 Sep 2023 05:05 WIB

Tanda Kanker Tulang yang tak Boleh Diabaikan, Patut Diwaspadai

Kanker tulang termasuk jenis kanker langla.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita mengalami kanker tulang (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Seorang wanita mengalami kanker tulang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker tulang bisa memunculkan beragam tanda dan gejala. Terkadang, gejala kanker tulang bisa tampak seperti gejala penyakit lain yang lebih umum. Meski begitu, ada beberapa tanda dari kanker tulang yang patut diwaspadai.

Kanker tulang termasuk jenis kanker yang langka yaitu di bawah 1 persen dari total kasus kanker. Pada orang dewasa, kanker tulang lebih sering terjadi karena ada kanker dari organ tubuh lain yang menyebar ke tulang.

Dengan kata lain, kasus kanker tulang sekunder lebih banyak ditemukan dibandingkan kanker tulang primer pada orang dewasa, menurut American Cancer Society. Seperti halnya jenis kanker lain, semakin cepat kanker tulang terdeteksi akan semakin baik.

Oleh karena itu, dr Chun Tang dari Pall Mall Medical menyoroti pentingnya mengenali sejumlah tanda awal dari kanker tulang. Berikut ini adalah keenam tanda awal kanker tulang di antaranya, seperti dilansir Express pada Kamis (14/9/2023):

 

1. Rasa nyeri

Nyeri di area tulang merupakan salah satu gejala umum dari kanker tulang. Rasa nyeri ini mulanya bisa terasa ringan dan hilang-timbul. Namun seiring berjalannya waktu, rasa nyeri pada tulang akan semakin berat dan menetap.

"Rasa nyerinya sering digambarkan sebagai rasa nyeri yang dalam, menyakitkan, dan terlokalisasi pada tulang yang terdampak," ujar dr Tang.

2. Bengkak

Pembengkakan atau benjolan juga bisa terlihat di dekat area tulang yang terdampak oleh kanker. Benjolan ini bisa terasa padat dan sakit bila disentuh. Sedangkan pembengkakan tidak selalu disertai dengan rasa sakit.

3. Patah tulang

Kanker tulang bisa membuat tulang yang terdampak menjadi lebih rapuh. Oleh karena itu, bagian tulang yang terkena kanker bisa lebih rentan mengalami patah. Bahkan, patah tulang dalam kasus kanker tulang bisa terjadi tanpa adanya trauma atau cedera yang signifikan.

4. Gerakan terbatas

Kanker tulang yang terjadi di dekat area sendi bisa membuat gerakan sendi menjadi sangat terbatas. Akibatnya, bagian tubuh yang terhubung dengan sendi tersebut menjadi terbatas ruang geraknya.

5. Berat badan turun begitu saja

Seperti yang terjadi pada banyak kasus kanker lain, orang dengan kanker tulang bisa mengalami penurunan berat badan. Penurunan berat badan ini terjadi tanpa sebab atau usaha untuk berdiet.

6. Kelelahan

Rasa lelah dan tidak enak badan juga bisa dirasakan oleh penderita kanker tulang. Gejala ini biasanya akan terasa semakin signifikan seiring dengan berkembangnya penyakit.

Periksa ke dokter

Bila menemukan gejala kanker tulang pada diri sendiri atau orang terdekat, segeralah berkonsultasi ke dokter. Dokter akan membantu melakukan pemeriksaan yang menyeluruh untuk mengonfirmasi apakah gejala tersebut benar berkaitan dengan kanker tulang atau tidak. Dengan deteksi dan pengobatan yang lebih awal, pasien kanker tulang bisa memiliki prognosis yang lebih baik. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement