Senin 11 Sep 2023 10:33 WIB

Alasan Reza Rahadian Yakin Perfilman Indonesia Bisa Jadi Perhatian Global

Saat ini sudah ada 147 film Indonesia yang siap tayang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari
Aktor Reza Rahardian.
Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Aktor Reza Rahardian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Komite Festival Film Indonesia, Reza Rahadian, menyatakan bahwa industri film Indonesia memiliki potensi untuk terus berkembang. Apalagi, menurut Reza, beberapa film Indonesia bisa terpilih dan bersaing di festival film internasional seperti Busan International Film Festival (BIFF) 2023.

Film yang dimaksud Reza adalah “24 Jam Bersama Gaspar” dan “Ali Topan” yang diproduksi Visinema. Reza juga terlibat sebagai pemeran utama di film “24 Jam Bersama Gaspar”.

Baca Juga

“Semoga lewat film Visinema bisa menjadi refresentasi industri film indonesia yang membanggakan. Harapannya setelah dapat pengakuan dari festival film sebesar Busan, ke depannya perfilman Indonesia, termasuk filmmakersnya akan makin jadi perhatian industri film global,” kata Reza dalam konferensi di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, kata Reza, saat ini juga sudah ada 147 film Indonesia yang siap tayang tahun ini. Hal ini menandakan resiliensi Indonesia yang sempat ditantang saat pandemi, dan sekarang sudah bangkit serta berkarya lebih dari sebelumnya.

“Resiliensi ini, ditambah potensi pasar yang besar dan perkembangan pesat talenta filmmaker Indonesia membuat saya jadi makin yakin bahwa Indonesia tidak hanya bisa jadi pasar bagi film internasional, tapi jadi pemain besar di industri global,” jelas Reza.

Sidharta Tata, sutradara Ali Topan, yang juga merupakan generasi baru sineas Indonesia mengatakan bahwa prioritasnya adalah terus meng-upgrade diri dengan menawarkan hal yang baru. Tata yang sebelumnya menyutradarai “Waktu Maghrib” juga merasa senang karena karya dan kemampuannya bisa diapresiasi di kancah internasional.

“Saya berharap partisipasi di film festival bisa menambah inspirasi untuk terus meningkatkan kualitas produksi selanjutnya dan juga menambah exposure ke audiens serta filmmaker global,” kata Tata.

Berbicara terkait film “Ali Topan”, Tata mengatakan bahwa dia akan membuat film ini menjadi lebih relate dengan anak muda sekarang. Film ini dimainkan oleh Jefri Nichol sebagai Ali Topan, dan Lutesha sebagai Anna Karenina.

Hingga saat ini, belum ada jadwal tayang resmi yang diumumkan Visinema untuk “Ali Topan” maupun “24 Jam Bersama Gaspar”.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement