Senin 11 Sep 2023 09:02 WIB

Film Mohon Doa Restu, Drama Persiapan Pernikahan Pasangan Muda

Film Mohon Doa Restu dibintangi Sifa Hadju dan Jefri Nichol.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Aktris Syifa Hadju dan aktor Jefri Nichol pada konferensi pers film Mohon Doa Restu di Jakarta, Selasa (5/9/2023).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Aktris Syifa Hadju dan aktor Jefri Nichol pada konferensi pers film Mohon Doa Restu di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mel (Syifa Hadju) dan Satya (Jefri Nichol) tengah mempersiapkan pernikahan idaman mereka. Pasangan muda yang dahulu bersahabat semasa kecil itu hanya ingin menggelar upacara pernikahan sederhana dengan tamu dari pihak keluarga dan sahabat terdekat.

Situasi berubah ketika ibunda Mel, Widi (Cut Mini) dan ibunda Satya, Ira (Sarah Sechan) punya keinginan lain. Kedua ibu yang akan menjadi besan itu ingin upacara pernikahan besar-besaran, jauh berbeda dari rencana yang awalnya dirancang oleh Mel dan Satya.

Baca Juga

Akankah pasangan itu mengikuti keinginan orang tua mereka, atau bersikeras dengan rencana semula? Jawabannya bisa disimak di film Mohon Doa Restu yang akan tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia mulai 26 Oktober 2023.

Sutradara Ody Harahap menyampaikan inspirasi di balik film itu, yakni kehebohan persiapan pernikahan yang lazim dialami pasangan yang akan menikah. Terkait judul, terpantik dari ucapan "mohon doa restu" yang kerap disampaikan calon mempelai menuju momen pernikahan.

"Mohon Doa Restu adalah film komedi keluarga yang hangat dan lucu. Dalam proses menuju pernikahan, pasti selalu ada cerita chaos. Pengalaman setiap pasangan menarik dan berbeda, tapi hampir semua mengalami atau pasti pernah mendengar tentang itu," ujar Ody pada konferensi pers film Mohon Doa Restu di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia sengaja memilih Syifa Hadju dan Jefri Nichol sebagai pemeran utama karena menganggap mereka sebagai aktor dan aktris muda dengan akting mumpuni. Ody sengaja "menukar" karakter mereka dalam film. Syifa yang di kehidupan nyata cenderung kalem menjadi sosok Mel yang tegas dan suka berdebat.

Sementara, Nichol yang di kehidupan sesungguhnya kerap bersikap rebel, di film nanti akan berperan jadi sosok Satya yang amat penurut. Menurut Ody, baik Syifa maupun Nichol pun sangat bisa mengimbangi akting para pemeran senior, yakni Cut Mini dan Sarah Sechan.

Selama proses reading naskah serta sepanjang syuting yang berlangsung di Bandung, Ody memberikan ruang bagi para pemeran film untuk melakukan improvisasi. Terdapat naskah dan adegan inti yang jadi pedoman, namun para pemeran cukup leluasa soal dialog.

Dengan kebebasan itu, dialog menjadi cukup mengalir dan ada celetukan-celetukan yang alami. Meski, ada pula momen ketika Ody kewalahan menyetop improvisasi itu. "Sampai mereka mati angin baru cut. Kalau saya rasa kelebihan atau terlalu jauh, dikembalikan ke skrip," ucapnya.

Mohon Doa Restu merupakan hasil kolaborasi antara rumah produksi Screenplay Films dengan Rapi Films dan IFI sinema. Film drama komedi keluarga itu turut dibintangi oleh Kiki Narendra, Dea Panendra, Del Vikesha, dan deretan bintang lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement