Ahad 10 Sep 2023 21:08 WIB

Apakah The Nun II Diangkat dari Kisah Nyata Seperti The Conjuring?

Muncul spekulasi tentang apakah The Nun II juga berdasarkan kisah nyata?

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Nun II. Meski berkorelasi dengan Conjuring yang diangkat dari kisah nyata, film The Nun II tidak didasarkan pada kisah nyata.
Foto: dok. Warner Bros
Salah satu adegan di film The Nun II. Meski berkorelasi dengan Conjuring yang diangkat dari kisah nyata, film The Nun II tidak didasarkan pada kisah nyata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai kejadian di waralaba The Conjuring diketahui terinspirasi oleh kisah nyata. Kini muncul pula spekulasi tentang apakah The Nun II juga berdasar kisah nyata? 

Menyusul peristiwa The Nun, The Nun II kembali menampilkan Suster Irene (Taissa Farmiga) sebagai protagonis utamanya. Sekuelnya menampilkan Suster Irene yang terseret ke dalam rangkaian peristiwa menyeramkan hingga mempertemukannya dengan Valak, iblis berwujud biarawati mengerikan yang kembali untuk membalas dendam.

Baca Juga

Karena The Nun II mengambil latar waktu The Conjuring, beberapa koneksi kehidupan nyata dan inspirasi kisah nyata diharapkan terjadi. Faktanya, ketiga film The Conjuring terinspirasi dari kisah nyata karena Lorraine dan Ed Warren didasarkan pada penyelidik paranormal nyata. 

Boneka yang dirasuki dalam waralaba, Annabelle, juga mewakili boneka Raggedy Ann asli yang dimiliki oleh keluarga Warren. Hal itu pun meningkatkan rasa ingin tahu penonton tentang apakah akhir yang mengerikan dari The Nun II juga didasarkan pada kisah nyata?

Berikut ulasannya, seperti dilansir laman Screen Rant, Sabtu (9/9/2023):

1. The Nun II tidak berdasarkan kisah nyata

The Nun II tidak didasarkan pada kisah nyata apa pun di dunia paranormal yang melibatkan biarawati setan, pengusiran setan, dan kerasukan, karena plotnya sepenuhnya fiksi. Meskipun ini mungkin mengecewakan mengingat masa lalu The Conjuring, bukan berarti The Nun II kurang menakutkan sebagai film horor.

Tidak didasarkan pada kisah nyata mencerminkan pembuat film memiliki lebih banyak kebebasan dalam narasi. Selain itu, meningkatkan faktor ketakutan dan membangun pengembangan karakter The Nun II melalui Suster Irene dan rekan-rekannya.

2. The Nun II memiliki koneksi dengan setan dan manusia di kehidupan nyata

Meski The Nun II tidak berdasarkan kisah nyata, ada beberapa elemen nyata yang terkait dengan kasus yang pernah dialami Ed dan Lorraine Warren sebelumnya, termasuk kepemilikan Maurice Theriault. Maurice juga dikenal sebagai Frenchie. Dia sebenarnya ada dalam kehidupan nyata dan merupakan bagian dari kasus pengusiran setan yang misterius, tetapi kejadiannya dipertanyakan dengan sangat skeptis. 

Koneksi lain dengan orang-orang di kehidupan nyata termasuk Saint Lucy, santo pelindung orang buta yang tidak akan terbakar karena api dan matanya pulih setelah dicungkil. Meskipun karakter-karakter ini dapat dikaitkan dengan kisah kehidupan nyata, ada tokoh terkemuka lainnya yang aspek nyatanya diambil dari versi mitologisnya.

Mitologi merupakan campuran asal usul faktual dan fiksi yang tidak dapat dipastikan kebenarannya, namun bukan berarti Valak sepenuhnya dibuat-buat. Valak digambarkan dalam buku goetic grimoire pertengahan abad ke-17, The Lesser Key of Solomon, sebagai seorang anak laki-laki bertanduk yang menunggangi seekor naga. 

Meskipun nama dan sifat iblis berasal dari manuskrip ini, penampilan biarawati Valak adalah pilihan kreatif yang diputuskan untuk The Conjuring 2 karena tidak ada peristiwa kehidupan nyata yang terkait dengan biarawati iblis ini. Meskipun ada beberapa elemen realistis pada karakter ini dalam The Nun II dan film horor lainnya berdasarkan kasus Ed dan Lorraine Warren, konten film tersebut sangat bersifat fiksi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement