Kamis 07 Sep 2023 05:05 WIB

10 Rekomendasi Restoran Fine Dining Halal di Jabodetabek

Saat memilih restoran, aspek kehalalan merupakan hal utama.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Restoran 1945 Fairmont Jakarta termasuk dalam jajaran restoran fine dining halal dan ramah Muslim di Jabodetabek.
Foto: Dok. Restoran 1945 Fairmont Jaka
Restoran 1945 Fairmont Jakarta termasuk dalam jajaran restoran fine dining halal dan ramah Muslim di Jabodetabek.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Restoran fine dining merupakan tipe restoran yang menghadirkan pengalaman bersantap yang mewah dengan layanan mengesankan serta jaminan kualitas tinggi pada makanan dan minuman yang disajikan. Namun, bagi konsumen Muslim, aspek kehalalan merupakan hal utama.

Muslim tentunya ingin memastikan bahwa berbagai hidangan yang disajikan di restoran fine dining, mulai hidangan pembuka hingga hidangan penutup, semuanya aman dikonsumsi. Berikut 10 rekomendasi restoran fine dining ramah Muslim di Jabodetabek.

Baca Juga

 

1. 1945 Restaurant

Mengusung konsep fine dining dan halal-dining, 1945 Restaurant adalah restoran hotel bintang lima bersertifikasi halal pertama di Jakarta. Lokasinya di lantai tiga hotel Fairmont Jakarta, menyajikan beragam menu Nusantara klasik maupun yang dimodifikasi, seperti sop buntut, aneka sate, pecel kembang, roti rendang, gulai cumi, rawon sumsum, dan masih banyak lagi.

 

2. Guresu

Berlokasi di Kemang Timur, Jakarta Selatan, restoran Jepang Guresu menawarkan pengalaman bersantap sushi seru ala Guresu-dining. Ada pilihan omakase, yakni penyajian makanan sesuai rekomendasi koki tanpa adanya daftar menu. Yang terpenting, Guresu sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI sehingga Muslim pencinta kuliner bisa merasa aman saat bersantap di sini.

 

3. Bungarampai Restaurant

Restoran mewah di Jalan Teuku Cik Ditiro, Jakarta Pusat, ini menawarkan pengalaman fine dining dengan hidangan Nusantara, mulai dari appetizer, menu utama, hingga desserts, side dish, dan minuman. Beberapa menu utama andalannya yakni nasi buketan dan nasi seruni. Untuk hidangan penutup, ada es bunga rampai serta berbagai pilihan lain.

 

4. Namaaz Dining

Pada situs resminya, Namaaz Dining menampilkan kata-kata fine dining yang dicoret, berganti dengan fun dining. Konsep unik dan menyenangkan dari restoran molecular gastronomy ini dihadirkan oleh Chef Andrian Ishak. Untuk bersantap di Namaaz Dining yang berlokasi di Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan, pengunjung harus melakukan reservasi lewat website resmi restoran.

 

5. Tugu Kunstkring Paleis

Tempat bersantap ala fine dining lain yang ramah Muslim di Jakarta adalah Tugu Kunstkring Paleis. Berlokasi di bangunan bersejarah Kunstkring Paleis di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, restoran ini menyajikan beragam menu, mulai dari masakan Barat, cita rasa Asia Tenggara, dan masakan asli Indonesia.

 

6. Wolfgang’s Steakhouse

Untuk penyuka steak yang ingin menjajal restoran fine dining steak, Wolfgang’s Steakhouse di SCBD, Senayan, Jakarta, amat direkomendasikan. Pada situs resminya, disampaikan informasi bahwa restoran penerima penghargaan itu menyajikan berbagai sajian steik dengan daging halal untuk gerainya di Indonesia.

 

7. Seribu Rasa

Seribu Rasa bisa menjadi salah satu lokasi untuk bersantap fine dining. Terutama, bagi yang menggemari sajian menu khas Indonesia dan Asia Tenggara. Jika ingin bersantap ala fine dining bersama pasangan dan keluarga, perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Ada sejumlah pilihan lokasi Seribu Rasa, mulai di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, hingga di Bekasi.

 

8. Plataran Menteng

Lokasi tempat bersantap mewah ala fine dining lainnya yang ramah Muslim adalah Plataran Menteng di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Beberapa menu andalannya yakni hidangan kari ayam Deli kaya rempah khas India dan nasi goreng keling, hidangan nasi goreng modern dengan buah zaitun kalamat hitam dan kacang mete, disajikan dengan kerupuk melinjo.

 

9. Medja Restaurant

Jika ingin mencari lokasi bersantap mewah tapi dengan suasana hangat seolah di rumah sendiri, coba bertandang ke Medja Restaurant di Jalan Pajajaran Indah, Bogor Timur. Disarankan untuk reservasi terlebih dahulu, tapi Medja Restaurant juga menerima pelanggan yang langsung datang.

Menunya termasuk pecel medja, nasi goreng pucung, lidah cabai hijau, laksa seafood, dan singkong goreng sambal roa. Ada juga hidangan penutup seperti keik moka, pancoco, dan carotte. Ada ruang khusus yang bisa dipesan untuk pengalaman bersantap lebih privat.

 

10. Duke & Duchess

Restoran fine dining berikutnya di Bogor yang ramah Muslim adalah Duke & Duchess, berlokasi di Jalan Achmad Adnawijaya, Bogor Utara. Hidangan di Duke & Duchess kebanyakan merupakan menu Eropa. Selain santapan premium, pengunjung juga akan disuguhi nuansa restoran yang mewah dan elegan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement