Rabu 06 Sep 2023 13:36 WIB

Tidak Pakai Mahal, Ini 4 Bahan Murah Meriah Penghilang Kerak Toilet Membandel

Asam klorida sangat baik untuk membersihkan kerak toilet.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Cara mudah membersihkan toilet dengan bahan yang murah meriah/ilustrasi
Foto: Unsplash
Cara mudah membersihkan toilet dengan bahan yang murah meriah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Endapan kerak yang tidak sedap dipandang biasanya menumpuk di toilet, di bawah tepi toilet, dan di dalam tangki toilet. Noda kerak urine berwarna kuning atau cokelat juga bisa terjadi di toilet selain kerak kapur. Hal ini disebabkan oleh reaksi kimia yang terjadi ketika urine bersentuhan dengan kerak kapur.

Semakin lama penumpukan ini berada di tangki toilet, lapisan kerak kapurnya akan semakin tebal. Jadi, membersihkan kerak toilet harus menjadi daftar tugas setiap pekan jika memungkinkan, begitu juga dengan pembersihan tangki toilet secara teratur.

Baca Juga

Menurut pakar kamar mandi di Villeroy & Boch, pembersihan rumah tangga dapat menemukan lebih banyak produk pembersih kerak toilet di sekitar rumah.

“Asam sangat efektif untuk membersihkan toilet. Bahan-bahan ini memicu reaksi kimia jika bersentuhan dengan kalsium karbonat dalam kerak kapur yang membantu menghilangkan noda membandel dengan cepat,” ujar para pakar seperti dilansir dari Express, Rabu (6/9/2023).

1. Asam klorida

Asam klorida sangat baik untuk membersihkan kerak toilet dan bahkan dapat digunakan untuk mengatasi endapan kerak membandel. Namun, berhati-hatilah karena asam klorida sangat korosif sehingga penting untuk memakai kacamata pengaman dan pelindung.

Satu sendok makan asam klorida sudah cukup untuk membersihkan kerak toilet. “Asam klorida tidak boleh bersentuhan dengan logam karena dapat menyebabkan pelepasan gas hidrogen,” ujar para pakar.

 

2. Cuka putih

Cuka putih sangat serbaguna karena dapat digunakan untuk membersihkan sambungan, membersihkan jendela tanpa goresan, serta membersihkan kerak pada keran dan toilet.

Jika terdapat kerak kapur yang lebih besar, Anda cukup menuangkan cuka putih ke seluruh area, pastikan semuanya tertutup. Sebaiknya lakukan hal terakhir ini pada malam hari agar dapat meresap seluruhnya ke dalam kerak kapur untuk mengikisnya.

 

3. Cola

Minuman bersoda ini mengandung asam fosfat yang juga membantu menghilangkan penumpukan kerak kapur. Cukup tuangkan isi botol berukuran satu liter ke dalam mangkuk toilet dan biarkan selama beberapa jam untuk melarutkan endapan. Untuk meningkatkan efeknya, dapat mencampurkan cola dengan soda kue dan menyebarkannya langsung ke area yang terkena dampak.

 

4. Asam sitrat

Selain untuk membersihkan kerak pada ketel, asam sitrat juga sering digunakan untuk menghilangkan kerak pada toilet. Ini efektif karena baunya segar dan tidak terlalu menyengat dibandingkan cuka. Campurkan dua hingga tiga sendok makan bubuk asam sitrat dengan satu liter air, selalu tambahkan air ke dalam ember sebelum asam sitrat untuk menghindari percikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement