Jumat 01 Sep 2023 19:06 WIB

Banyak yang Keliru Mengira Makanan Ini Sehat Padahal Hasil Ultraproses

Makanan ultraproses adalah makanan yang telah diubah signifikan dari bentuk aslinya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Sereal (ilustrasi). Ada beberapa makanan yang selama ini dikenal sebagai makanan sehat padahal merupakan hasil ultraprises.
Foto: Dok. www.freepik.com
Sereal (ilustrasi). Ada beberapa makanan yang selama ini dikenal sebagai makanan sehat padahal merupakan hasil ultraprises.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan yang dianggap sehat oleh banyak orang ternyata belum tentu baik untuk tubuh. Para pakar memperingatkan ada sejumlah makanan yang banyak beredar dan identik dengan menu sehat, namun masuk kategori produk ultraproses.

Makanan ultraproses adalah makanan yang telah diubah secara signifikan dari bentuk aslinya. Biasanya, makanan ultraproses mengandung bahan-bahan seperti pengawet atau perasa buatan untuk meningkatkan umur simpan atau daya tariknya.

Baca Juga

Sejumlah studi menyebutkan bahwa konsumsi berlebihan kategori makanan tersebut berkaitan dengan serangan jantung dan strok. Sementara, penelitian lain juga mengaitkannya dengan kondisi dan penyakit seperti obesitas, diabetes, dan kanker.

Masalahnya, bisa jadi banyak orang tidak menyadari bahwa mereka menyantap makanan ultraproses secara berlebihan. Berikut sejumlah makanan yang dianggap sehat tapi ternyata masuk kategori produk ultraproses, dikutip dari laman Daily Mail, Jumat (1/9/2023):

 

1. Sereal

Sarapan dengan sereal dan susu dianggap sehat oleh banyak orang, bahkan menjadi kebiasaan. Padahal, sereal termasuk produk ultraproses dan bisa memuat gula dan bahan tambahan lainnya yang kurang sehat. Tapi, ada juga sereal yang telah difortifikasi, termasuk dengan zat besi dan vitamin.

2. Roti gandum

Saat sedang terburu-buru, sebagian orang membeli roti gandum di supermarket dan menganggapnya santapan sehat. Padahal, secara teknis roti gandum yang dijual di supermarket merupakan makanan ultraproses. Kebanyakan mengandung zat tambahan, seperti pengemulsi dan pengawet.

3. Yogurt

Yogurt dianggap sebagai sumber protein yang sehat, baik untuk menjaga otot, dan kalsium, komponen penting untuk kesehatan tulang. Berbeda dengan yogurt alami yang sehat, banyak produk yogurt yang dijual di rak-rak toko termasuk dalam kategori ultraproses.

Beberapa di antaranya mengandung bahan buatan yang dirancang untuk meningkatkan rasa dan warnanya, atau zat penstabil dan pengawet. Yogurt yang diiklankan rendah gula lebih perlu diwaspadai karena biasanya ditambahkan pemanis buatan seperti aspartam.

4. Protein bar

Banyak protein bar dipasarkan sebagai camilan sehat, padahal ini termasuk makanan ultraproses. Protein bar sering kali mengandung pengental, pengatur keasaman, dan pengawet sebagai bagian dari proses pembuatannya. Belum lagi pemanis, pengemulsi, pengawet, dan pewarna makanan.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement