Jumat 01 Sep 2023 02:02 WIB

Fakta Jungkook BTS yang Berulang Tahun Ke-26 Hari Ini

Di balik popularitas Jungkook BTS, mungkin ada hal yang belum banyak diketahui.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Jungkook BTS. Setidaknya ada 15 fakta menarik tentang Jungkook yang hari ini berulang tahun ke-26.
Foto: Dok BigHit Enterianment
Jungkook BTS. Setidaknya ada 15 fakta menarik tentang Jungkook yang hari ini berulang tahun ke-26.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jungkook BTS menginjak usia 26 tahun pada hari ini, Jumat (1/9/2023). Dikenal sebagai penyanyi berbakat sebagai memeber BTS, pria bernama lengkap Jeon Jung-kook ini ternyata juga memiliki banyak bakat lain termasuk menjadi rapper, penulis lagu, sutradara, produser rekaman, dan penggemar seni.

Di balik popularitasnya, masih ada banyak hal yang mungkin belum diketahui banyak orang tentang artis berbakat asal Korea Selatan ini. Dilansir Lifestyle Asia pada Kamis (31/8/2023), berikut 15 fakta menarik tentang penyanyi kelahiran 1 September 1997 yang patut untuk diketahui oleh para penggemar setia:

Baca Juga

1. Pencapaian dalam menulis lagu

Jungkook memiliki sekitar 22 kredit sebagai penulis lagu di Asosiasi Hak Cipta Musik Korea (KOMCA), menjadikannya salah satu anggota BTS yang paling aktif dalam menciptakan musik. Dia juga menjadi salah satu solois K-pop tercepat yang mencapai satu miliar streaming di Spotify dengan tiga lagu di luar grupnya, yaitu "Stay Alive", "Left and Right", dan "Dreamers".

 

2. Tampil di Billboard Hot 100

Pada 2022, Jungkook menciptakan sejarah dengan menjadi artis pria Korea pertama yang masuk ke dalam bagan Billboard Hot 100. Lagu OST-nya "Stay Alive" yang diproduseri oleh rekannya di BTS, Suga, untuk serial webtun 7Fates: Chakho, membawanya meraih prestasi luar biasa ini.

3. Penghargaan di industri musik global

Jungkook berhasil mengukuhkan namanya di panggung musik global dengan menciptakan sejarah di Piala Dunia FIFA 2022 dan masuk dalam daftar 200 Penyanyi Terhebat Sepanjang Masa versi Rolling Stone.

4. Jejak perjalanan panjang sejak debut

Dari mengikuti audisi hingga bersiap untuk debut solonya, perjalanan Jungkook dalam industri hiburan Korea Selatan telah menjadi bagian yang sangat berarti dalam kisah sukses BTS.

5. Julukan pangeran Busan

Lahir di Busan, Korea Selatan pada 1 September 1997, Jungkook dikenal sebagai Pangeran Busan oleh penggemar dan orang-orang dari kampung halamannya. Dia merupakan anggota termuda dalam grup dan memiliki posisi sebagai center resmi, vokalis utama, sub rapper, dan penari utama.

6. Alasan memilih Bighit Entertainment

Meskipun banyak label musik besar tertarik untuk mengontraknya, Jungkook memilih Bighit Entertainment (sekarang Hybe) karena kekagumannya pada leader BTS, RM. Dia terpikat dengan kemampuan rap RM dan ingin tahu lebih banyak tentang label tersebut.

7. Nama panggung yang unik

Jungkook hampir memilih nama panggung “Seagull”, tapi akhirnya memutuskan untuk menggunakan nama aslinya “Jeon Jeong-guk” dengan ejaan “Jungkook”.

8. Multitalenta dalam bermain instrumen

Jungkook mahir dalam bermain gitar dan drum, sering memamerkan keahliannya dalam reality show BTS dan konser.

9. Kemampuan beatboxing

Bakat beatboxing-nya sudah terlihat sejak debut. Dia sering menggabungkan suara vokal dengan beatbox dalam penampilannya.

10. Sabuk hitam Taekwondo

Jungkook memiliki sabuk hitam taekwondo dan memulai pelatihan taekwondo sejak usia 12 tahun.

11. Keahlian dalam tinju

Jungkook menunjukkan minat pada tinju dan pernah berlatih dengan atlet tinju terkenal Choo Sung-hoon.

12. Rekor streaming langsung

Jungkook memiliki rekor streaming langsung terbanyak di berbagai platform streaming, termasuk Vlive dan Weverse.

13. Tampil di Piala Dunia FIFA 2022

Jungkook menjadi artis Korea pertama yang tampil di Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.

14. Bakat artistik yang luar biasa

Selain bakat musik, Jungkook juga memiliki bakat dalam seni melukis dan desain grafis.

15. Studio produksi sendiri

Jungkook memiliki studio produksi video sendiri yang disebut Golden Closet Film. Di balik popularitas dan bakatnya dalam industri musik, Jungkook ternyata memiliki berbagai sisi unik yang menarik untuk diungkap. Dari prestasi musik hingga minat pribadi, dia memang layak dijuluki Golden Maknae yang luar biasa.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement