Selasa 29 Aug 2023 04:04 WIB

Tuduhan Plagiat Grup K-Pop BTS, tak Cuma Serang Jungkook

Tuduhan plagiarisme baru-baru ini ditujukan kepada lagu 'Seven' milik Jungkook.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS. Selain tuduhan plagiat terhadap lagu Seven Jungkook, BTS jug pernah menghadpi tuduhan yang sama.
Foto: Dok BigHit Music
Grup K-pop BTS. Selain tuduhan plagiat terhadap lagu Seven Jungkook, BTS jug pernah menghadpi tuduhan yang sama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Single debut solo "Seven" milik Jungkook (personel BTS) mendapat sorotan karena dituduh meniru lagu “Time of Mask" yang dinyanyikan oleh Fin.K.L. Yang Joon-young, seorang produser terkenal dalam industri K-pop mengeklaim bahwa elemen dari lagu "Seven" mirip dengan lagu "Time of Mask" yang diproduksinya.

Tuduhan plagiarisme diarahkan kepada penulis dan komposer lagu "Seven" yakni Andrew Watt, Jon Bellion, Henry Walter, Theron Makiel Thomas, dan Latto. Label BTS, Bighit Music memberikan tanggapan terhadap tuduhan tersebut.

Baca Juga

Mereka menyatakan bahwa klaim pelanggaran hak cipta terkait lagu "Seven" tidak berdasar. Mereka menjelaskan lagu ini merupakan hasil kolaborasi dari lima komposer asing dan tidak ada keterkaitan dengan lagu yang dirilis 24 tahun lalu, seperti yang dituduhkan beberapa Yang Joon-young. Bighit Music menyatakan tuduhan ini tidak memenuhi kriteria kesamaan substansial dan prinsip dalam menilai plagiarisme.

Tidak hanya lagu "Seven" Jungkook, BTS juga pernah dihadapkan pada tuduhan plagiat lainnya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kesamaan konsep antara BTS dan EXO

BTS mengadakan showcase untuk merayakan peluncuran album mini kedua mereka yang berjudul Skool Luv Affair. Saat acara tersebut, anggota BTS membicarakan konsep yang mereka usung.

Suga berkomentar bahwa meskipun awalnya mereka berencana menggunakan konsep sekolah, mereka menyadari bahwa konsep ini mirip dengan senior mereka, EXO. Namun, Suga menyatakan bahwa keduanya memiliki gaya yang unik dan berbeda.

2. Kesamaan konsep foto RM dan D.O. EXO

RM juga pernah dituduh meniru konsep foto dari album solo D.O. EXO, Empathy. Hal ini memicu kritik dari warganet karena terlihat adanya kesamaan dalam konsep antara RM Me, Myself, & Entirety dengan album D.O. EXO, Empathy.

3. Kesamaan Lagu "Cypher PT. 4" BTS dan lagu grup Belanda SFB

Lagu "Cypher PT. 4" BTS terbukti memiliki persamaan dengan lagu dari grup hip-hop Belanda, SFB. Produser Tricky Stewart mengakui kesalahan ini dan meminta maaf kepada label (saat itu) Bighit Entertainment dan penggemar BTS, Army.

4. Tuduhan Plagiat Lirik pada Lagu “U” (Feat. BTS RM & Kwon Jin Ah) dari Album Primary

Seorang pengguna X (sebelumnya Twitter) @wevebeenhere mengeklaim bahwa RM menjiplak liriknya dan juga lirik dari pengguna X lainnya, @radiordinary. RM meminta maaf dan menjelaskan bahwa liriknya terinspirasi dari berbagai sumber seperti buku, film, dan wawancara.

Akun @wevebeenhere membuat kesalahan dengan tidak mengkonfirmasi sumber kutipan asli yang menyebabkan dugaan plagiarisme. Pemilik akun @wevebeenhere juga telah mengirim permintaan maaf resmi kepada RM karena menyebabkan masalah, yang tidak perlu dibesarkan.

5. Kesamaan melodi dalam lagu "Butter" BTS dan lagu game Nintendo "Monster in My Pocket"

Lagu "Butter" dikaitkan dengan lagu dalam game klasik Nintendo "Monster in My Pocket–Stage 4 Towering Catastrophe" 1992. Komposer lagu game tersebut memberikan klarifikasi bahwa meskipun melodi kedua lagu terdengar mirip, itu hanya kebetulan dan dia tidak menuduh BTS melakukan plagiarisme.

Komposer mengatakan tidak lagi memiliki hak atas lagu game tersebut, karena lagu itu telah menjadi milik pengembang game, Konami. “Butter" adalah lagu yang diciptakan oleh para komposer Amerika Serikat, yaitu Jenna Andrews, Rob Grimaldi, dan Ron Perry, dengan produksi oleh Rob, Ron, dan Stephen Kirk. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement