Ahad 27 Aug 2023 20:44 WIB

Tanda Bahaya Kolesterol Tinggi yang Terasa di Dada

Kolesterol tinggi dapat picu penyakit jantung dan strok.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit dada (Ilustrasi). Kolesterol tinggi menyebabkan penumpukan lemak di arteri, mempersempitnya dan menyebabkan penurunan aliran darah. Saat arteri menjadi lebih tersumbat, dada terasa nyeri.
Foto:

Namun, dokter mencatat bahwa zat lemak tersebut tidak memicu banyak tanda peringatan dalam banyak kasus. Oleh karena itu, cara paling andal untuk menentukan kadar tetap melalui tes darah.

"Penting untuk memantau level Anda dengan baik sebelum masalah serius muncul," ujar Okorocha.

photo
Kolesterol. - (Republika)

Setelah diagnosis ini dipastikan, ada banyak cara untuk menjaga zat lemak tetap terkendali, termasuk pola makan yang sehat dan olahraga rutin. Okorocha merekomendasikan untuk memilih buah beri, khususnya blackberi karena dapat secara signifikan mengurangi kadar kolesterol jahat. Sebab, itu kaya akan sejumlah polifenol, senyawa yang membantu mengurangi penumpukan kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung.

"Ditambah lagi, mereka mudah untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda, baik itu ditaburkan saat sarapan, diblender menjadi smoothie, menambah rasa pada hidangan gurih, atau dinikmati dalam keadaan mentah," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement