Jumat 25 Aug 2023 21:34 WIB

Dispatch 'Bersihkan' Lagu Jungkook BTS dari Tuduhan Plariagisme, Ini Reaksi Warganet Korea

Lagu 'Seven' Jungkook BTS dituduh menjiplak tembang 'Time of Mas' Fin.K.L.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Jungkook BTS. Warganet memberikan responsnya terhadap laporan DIspatch yang menyatakan lagu Jungkook BTS tidak sama dengan lagu Time of Mask.
Foto: BigHit Entertainment
Jungkook BTS. Warganet memberikan responsnya terhadap laporan DIspatch yang menyatakan lagu Jungkook BTS tidak sama dengan lagu Time of Mask.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada Kamis (24/8/2023), Dispatch merilis sebuah artikel di mana mereka memberikan bukti musik yang tampaknya membersihkan lagu “Seven” dari tuduhan plagiarisme. Lagu tersebut adalah milik salah satu anggota grup BTS, Jungkook.

“Terlihat nada-nada awal melodinya sama, namun masih terdapat perbedaan antara keseluruhan nada yang dinyanyikan antara kedua lagu tersebut. Klaim Yang Joon-young bahwa kedua not tersebut sama belum terbukti benar,” kata Dispatch, dilansir Koreaboo, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga

Warganet Korea bereaksi terhadap laporan Dispatch. Banyak yang menyatakan bahwa mereka tidak terkejut dengan temuan tersebut. Karena banyak yang mempertanyakan keabsahan tuduhan tersebut.

Salah satu warganet menyebutkan melodi keduanya tidak mirip. “Tidak ada melodi yang mirip, LOL…”.

Sementara warganet yang lain berharap perusahaan tempat Jungkook bernaung akan menuntut produser itu. “Saya berharap HYBE akan menuntutnya kembali”.

Kemudian komentar-komentar lainnya, yaitu, “Saya kira dia ingin menjadi terkenal?”, “Apakah dia ingin orang-orang mengetahui namanya seburuk itu?”, “Sungguh menyedihkan, orang tua yang menyedihkan".

Komentar berikutnya dari warganet Korea adalah, “Bahkan aku tahu lagunya tidak mirip” dan “Biasanya kalau ada kontroversi plagiarisme, lagunya terdengar mirip, tapi dalam kasus ini, saya malah tahu bedanya”.

Sebelumnya, seorang produser mengeklaim “Seven” milik Jungkook dan “Time of Mask” yang diproduksi oleh grup Fin.K.L memiliki perkembangan skala yang sama. “Kunci lagunya mungkin berbeda, tetapi sistem skala empat bar antara kedua lagu tersebut sama,” ujar Yang Joon-young.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement