Jumat 25 Aug 2023 04:00 WIB

Vaksin Covid-19 Lebih Efektif Bila Dosis Primer-Booster Disuntikkan di Lengan yang Sama

Proteksinya lebih bagus jika vaksin primer-booster disuntikkan di lengan yang sama.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin Covid-19 kepada warga di Balai Kota Jakarta, Selasa (24/1/2023). Vaksin Covid-19 bekerja lebih baik jika dosis primer-booster diberikan di lengan yang sama.
Foto:

Sebagai perbandingan, sel T ditemukan pada 67 persen partisipan yang menerima suntikan di lengan yang sama. Sedangkan pada partisipan yang menerima suntikan vaksin di lengan berbeda, sel T hanya ditemukan pada 43 persen partisipan.

"Ini mengindikasikan bahwa pemberian vaksin (primer serta booster) di lengan yang sama berpeluang memberikan proteksi yang lebih baik bila orang tersebut terinfeksi virus SARS-CoV-2," ujar peneliti dari Saarland University, Laura Ziegler, seperti dilansir WebMD pada Kamis (24/8/2023).

photo
Sudah divaksinasi, orang masih bisa kena Covid-19. - (Republika)

Pemberian vaksin primer dan booster di lengan yang sama bisa lebih efektif karena sel-sel yang memberikan respons imun berada di kelenjar getah bening lokal. Oleh karena itu, respons imun yang lebih besar akan muncul bila sel-sel imun di kelenjar getah bening mendapatkan stimulasi ulang pada lokasi yang sama, menurut Profesor di bidang penyakit menular dari Vanderbilt University Medical Center, William Schaffner MD, yang tidak terlibat dalam studi.

Menurut tim peneliti dari Saarland University, studi lebih lanjut perlu dilakukan untuk memperkuat temuan ini. Itu juga penting dilakukan untuk mengetahui apakah efek serupa akan terjadi pada jenis vaksin lain, seperti vaksin flu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement