Kamis 24 Aug 2023 13:39 WIB

Kasus Covid-19 Akibat Varian Fornax Melanda Amerika Serikat, Gejalanya Seperti Apa?

Varian Fornax menyumbang 13,3 persen dari seluruh kasus Covid-19 di AS.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Varian Fornax adalah turunan dari strain Omicron.
Foto:

Dikutip dari laman Express, Kamis (24/8/2023), virus yang terus bermutasi ditambah dengan adanya vaksin, membuat gejala infeksi Covid-19 kini berbeda dari sebelumnya. Itu jika dibandingkan dengan strain Covid-19 awal saat dahulu belum ditemukan vaksin.

Namun, karena Fornax dan Eris merupakan turunan dari Omicron, gejala ketiga varian ini cenderung serupa. Menurut Studi Kesehatan ZOE yang melacak gejala Covid-19, efek samping Omicron yang paling umum adalah pilek, sakit kepala, kelelahan (ringan hingga berat), bersin-bersin, dan sakit tenggorokan.

photo
Varian Eris - (Republika)

Ada juga laporan lain yang menyebutkan bahwa Fornax dapat menyebabkan batuk dengan atau tanpa dahak, dan hidung tersumbat. Walaupun terjangkitnya Covid-19 tak lagi dinyatakan sebagai pandemi global, seseorang tetap perlu menjaga diri dan mewaspadai jika timbul gejala tersebut.

Memang sudah tak ada lagi kewajiban untuk melakukan isolasi mandiri jika terinfeksi Covid-19, namun tetap disarankan untuk mencoba mencegah penyebaran virus lebih lanjut. Caranya, segera melakukan tes Covid-19 jika mengalami sejumlah gejala mencurigakan.

Apabila hasilnya positif, dianjurkan beristirahat di rumah. Hindari kontak dengan orang lain selama lima hari jika memungkinkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement