Kamis 24 Aug 2023 12:25 WIB

Minum Milkshake, 3 Konsumen Frugals Wafat Akibat Mesin Es Krimnya Kotor, Tercemar Listeria

Bakteri Listeria ditemukan di mesin es krim Frugals yang tak dibersihkan saksama.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Milkshake (Ilustrasi). Es krim untuk membuat milkshake di Frugals, Tacoma, Washington, AS tercemar bakteri LIsteria karena mesin es krimnya tidak dibersihkan dengan saksama.
Foto:

Di sisi lain, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), bakteri Listeria dapat menyebabkan infeksi yang dikenal sebagai listeriosis, umumnya dikenal sebagai infeksi Listeria. Infeksi ini mungkin tidak berbahaya bagi kebanyakan orang, namun menimbulkan risiko bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, mereka yang berusia di atas 65 tahun, serta orang hamil dan bayi baru lahir.

Di AS, sekitar 260 orang meninggal karena infeksi ini setiap tahunnya. Terdapat 58.717 wabah penyakit listeria dan hampir 2.000 antara tahun 1998 hingga 2021.

Menurut CDC, gejala bagi kebanyakan orang termasuk demam dan gejala mirip flu, kejang, sakit kepala, kelelahan otot, kehilangan keseimbangan, leher kaku, dan kebingungan. Gejala pada ibu hamil antara lain demam, nyeri otot, dan kelelahan.

Pada Februari, Fresh Ideation Food Group LLC, yang berbasis di Baltimore, AS menarik kembali lebih dari 400 produk makanan yang terkontaminasi Listeria. Pada 2022, dua orang meninggal setelah terinfeksi Listeria yang ditemukan dalam salad kemasan Dole.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement