Selasa 22 Aug 2023 22:11 WIB

Tak Suka Guru Anak di Sekolah? Jangan Gegabah, Tanyakan Ini pada Diri Anda

Ada orang tua yang merasa lebih baik si anak diajarkan oleh guru tertentu.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Guru yang mengajar anak di sekolah (ilustrasi). JIka Anda tak menyukai guru anak, jangan gegabah mengambil keputusan.
Foto: republika/mardiah
Guru yang mengajar anak di sekolah (ilustrasi). JIka Anda tak menyukai guru anak, jangan gegabah mengambil keputusan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat memasuki tahun ajaran baru, biasanya anak akan memiliki wali kelas, guru, dan teman sekelas yang baru. Bagi orang tua, terkadang mengkhawatirkan apakah guru yang akan mengajarkan anak adalah guru yang tepat.

Bahkan, ada juga orang tua yang merasa lebih baik si kecil diajarkan oleh guru tertentu, khususnya yang sudah memiliki pengalaman lebih lama di dunia pendidikan. Padahal jalan terbaik adalah menyimpan pikiran ini untuk diri sendiri dan membiarkan anak membangun hubungan dengan guru dan teman kelasnya tanpa ada campur tangan Anda.

Baca Juga

Jika Anda telah mendapatkan daftar kelas dan sedang mempertimbangkan untuk membuat permintaan agar anak Anda pindah, berikut beberapa pertanyaan untuk ditanyakan kepada diri sendiri sebelum Anda mengambil tindakan, dikutip dari Huffpost, Sabtu (19/8/2023):

1. Apa yang ada di balik kekhawatiran Anda?

Sarah Kirk akrab dengan permintaan semacam itu. Sebab, dia merupakan mantan konselor sekolah yang bekerja terutama dengan siswa sekolah dasar.

Menurut Kirk, biasanya orang tua yang demikian telah mendengar hal-hal tertentu tentang guru tersebut, mungkin dari tetangga atau teman. "Sering kali itu adalah gagasan yang terbentuk sebelumnya dari guru. Saya juga memiliki orang tua yang mengeluh tentang mendapatkan seorang guru pemula," kata dia.

Meskipun tidak diragukan lagi bahwa tahun pertama mengajar memiliki tantangannya sendiri, guru baru dapat menawarkan perspektif yang segar. Bahkan, jika siswa lain mengalami kesulitan dengan guru tertentu, itu tidak berarti anak Anda akan mengalami masalah yang sama. Penting untuk mengidentifikasi apa yang Anda rasakan. 

“Emosi apa yang menghalangi apa yang sedang terjadi, tetapi juga, hal faktual apa yang telah terjadi yang membuat mereka khawatir? Apa kekhawatiran mereka? Apa ketakutan mereka?,” ujar mantan guru di Chicago Dayna Abraham. 

Meneliti hal-hal yang dikatakan atau dilakukan guru yang mengganggu Anda dan mengartikulasikan alasannya, dapat membantu mengklarifikasi masalah tersebut. Apa pun itu, Anda pantas untuk didengarkan. "Apa pun yang Anda rasakan, itu masih berlaku. Bahkan jika solusinya bukanlah mengganti guru. Kekhawatiran itu sah-sah saja," ucapnya.

2. Solusi apa lagi yang bisa Anda coba?

Penting bagi orang tua untuk mengingat bahwa guru memiliki tujuan yang sama agar siswa berhasil. Jika Anda mendekati sudut pandang dari guru dan apa yang terbaik untuk anak, maka itu akan menghasilkan yang terbaik.

“Bahkan ketika ada beberapa keterputusan atau ada beberapa strategi yang sedang digunakan yang mungkin bukan yang terbaik untuk anak itu, saya pikir lebih baik untuk tidak melompat ke, 'Ayo coba guru lain.' Saya pikir mulai dengan beberapa alternatif dan solusi yang lebih kecil," kata dia.

Ada banyak hal lain yang dapat dilakukan guru untuk membantu siswa merasa lebih nyaman di kelas. Pada akhirnya, ini tentang hubungan yang dapat dibangun siswa dengan gurunya.

Pendidik dan Presiden UnboundEd, organisasi yang menyediakan pengembangan profesional bagi guru, Lacey Robinson mengatakan setiap hubungan antara guru dan siswa itu berbeda. “Apa yang dialami seorang anak dengan seorang guru mungkin berbeda dari yang lain. Jadi jangan buat asumsi bahwa anak-anak Anda akan membangun hubungan yang sama dengan seorang guru seperti yang dilakukan saudara mereka atau siswa lain," ujarnya.

Meskipun ada kasus di mana peralihan adalah langkah yang tepat, itu untuk alasan khusus dan tidak biasa, bukan sekadar ketidaksukaan orang tua terhadap guru yang ditugaskan. Jika seorang guru menunjukkan kurangnya kepercayaan pada potensi siswa tertentu, itu bisa menjadi alasan yang sah untuk memberikan peralihan.

“Kecuali itu adalah situasi yang benar-benar ekstrem, saya merekomendasikan alih-alih meminta peralihan sebelum tahun ajaran dimulai, orang tua bertemu dengan guru untuk mengungkapkan keprihatinan dan kebutuhan khusus siswa mereka sebelum tahun dimulai dan memberi guru kesempatan," ucap Kirk. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement