Ahad 20 Aug 2023 12:05 WIB

Hanya dengan Rutin Naik Tangga, Anda Bisa Terhindar dari 9 Jenis Kanker Mematikan

Masyarakat diserukan untuk meningkatkan kebugarannya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan naik tangga (Ilustrasi). Naik tangga secara teratur juga bermanfaat untuk kebugaran.
Foto:

Peneliti melibatkan satu juta pria di Swedia dalam penelitian ini. Mereka memeriksakan kesehatan para peserta selama wajib militer antara tahun 1968 hingga 2005 dan kemudian dilacak selama rata-rata 33 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar kanker terdeteksi sebelum usia 60 tahun.

"Individu dengan kebugaran yang rendah, sedikit lebih mungkin mengalami obesitas, kecanduan alkohol, hingga menyalahgunakan obat-obatan terlarang," kata Onerup, seperti dilansir The Sun, Kamis (17/8/2023).

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengungkapkan bahwa orang dewasa harus melakukan 150 menit olahraga ringan setiap pekan, sementara anak-anak harus melakukan satu jam aktivitas per hari. Hal ini dapat mengurangi risiko kanker dengan menjaga berat badan yang sehat, menyeimbangkan kadar hormon, mengontrol tekanan darah dan gula, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tetap aktif secara fisik dan menjaga tubuh bugar juga bisa bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa berdiri dan bergerak setiap 30 menit, bahkan jika itu hanya mengambil 15 langkah, akan mengaktifkan perubahan metabolisme yang meningkatkan kontrol gula darah dan kadar kolesterol.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement