Selasa 15 Aug 2023 23:48 WIB

Hanya Dalam Dua Tahun, Lima Album ITZY Masuk Billboard 200

Billboard umumkam albumi mini ITZY masuk di nomor 23 Top 200 Albums

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Girl group K-pop, ITZY
Foto: EPA
Girl group K-pop, ITZY

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Hanya dalam waktu dua tahun, girl grup ITZY berhasil mendebutkan lima album di Billboard 200.

Billboard mengumumkan pada Selasa (15/8/23) bahwa mini album baru ITZY "KILL MY DOUBT" telah memulai debutnya di No. 23 di tangga lagu Top 200 Albums yang terkenal, yang menempati peringkat album paling populer di Amerika Serikat, dilansir dari Soompi.

"KILL MY DOUBT" adalah album kelima berturut-turut ITZY yang masuk ke Billboard 200, setelah "GUESS WHO", "CRAZY IN LOVE", "CHECKMATE", dan "CHESHIRE". Album ini adalah album keempat mereka yang masuk 25 besar. Album ini dirilis pada 31 Juli dengan lagu utama berjudul "CAKE".

Sampai saat ini, satu-satunya artis K-pop wanita lainnya yang memetakan lima album berbeda di Billboard 200 adalah rekan satu label ITZY di JYP Entertainment, TWICE, yang saat ini memegang rekor untuk girl grup K-pop dengan entri terbanyak (enam).

Album baru ITZY ini telah mencapai rekor fantastis sejak perilisannya. Hanteo Chart telah melaporkan bahwa "KILL MY DOUBT" terjual dengan total 823.742 eksemplar yang mengesankan pada minggu pertama perilisannya (31 Juli hingga 6 Agustus). Album ini dengan mudah memecahkan rekor penjualan minggu pertama ITZY sebelumnya sebesar 633.248 yang ditetapkan oleh mini album 2022 mereka berjudul "CHESHIRE" tahun lalu.

Dengan pencapaian tersebut, ITZY menjadi girl group dengan penjualan minggu pertama tertinggi kedelapan dalam sejarah Hanteo, mengikuti aespa, NewJeans, BLACKPINK, LE SSERAFIM, (G)I-DLE, IVE, dan NMIXX.

Tidak hanya itu, ITZY juga telah memenangkan trofi acara musik pertama mereka dari lagu utama “CAKE“. “Music Bank” KBS 2TV tidak menayangkan episode baru pada 11 Agustus karena Jambore Pramuka Dunia “K-Pop Super Live,” tetapi acara musik tersebut masih mengumumkan pemenang minggu ini di situs resminya. ITZY mengklaim kemenangan pertama mereka untuk lagu tersebut dengan mengumpulkan total 10.866 poin di Music Bank K-Chart dari 31 Juli hingga 6 Agustus.

Sementara itu dalam 2023 K Global Heart Dream Awards yang diumumkan pada 10 Agustus lalu, ITZY mendapat K Global Bonsang (Hadiah Utama) bersama beberapa grup lainnya seperti ATEEZ, THE BOYZ, ENHYPEN, Taeyong NCT, Seulgi Red Velvet, SEVENTEEN, STAYC, Stray Kids, dan ZEROBASEONE.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement