Rabu 16 Aug 2023 00:12 WIB

Tubuh tak Butuh Sebanyak Itu, Konsumsi Suplemen Vitamin C 50.000 Mg Berbahaya

Orang dewasa hanya membutuhkan 40 mg vitamin C setiap hari.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen vitamin C (ilustrasi). Hindari mengonsumsi suplemen vitamin C secara berlebihan.
Foto:

Mengonsumsi lebih dari 1.000 mg vitamin C setiap hari dikaitkan dengan sakit perut, diare, perut kembung, dan batu ginjal. Ketika produk limbah dari darah membentuk kristal, itu dapat terkumpul di ginjal.

 

Seiring waktu, kristal dapat menumpuk untuk membentuk gumpalan seperti batu yang keras. NHS memperingatkan bahwa batu ginjal bisa sangat menyakitkan.

 

Batu ginjal bisa menyebabkan nyeri di sisi perut, sakit parah yang datang dan pergi, mual atau muntah. Batu ginjal yang besar dapat menyebabkan nyeri pada testis, nyeri di selangkangan, suhu tubuh tinggi, merasa berkeringat, darah dalam urine, dan infeksi saluran kemih.

 

Batu ginjal juga dapat menyebabkan infeksi ginjal. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala tambahan seperti menggigil, merasa lemah atau lelah, serta urine keruh dan berbau tidak sedap.

 

Salah satu cara terbaik untuk mencegah perkembangan batu ginjal adalah dengan minum banyak air. Sangat penting untuk menjaga warna urine tetap pucat untuk mencegah produk limbah terbentuk menjadi batu ginjal.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement