Selasa 15 Aug 2023 00:11 WIB

Pria Harus Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Beri Dampak Buruk untuk Penisnya

Kondisi penis bisa dipengaruhi oleh beragam faktor.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pria stres (ilustrasi). Stres juga dapat memengaruhi kondisi pembuluh darah di penis.
Foto:

4. Kurang tidur

Tidur yang cukup merupakan salah satu komponen paling penting dalam gaya hidup sehat. Seperti dilansir Hims, kurang tidur kerap dikaitkan dengan masalah disfungsi ereksi. Selain itu, kurang tidur juga dapat mempengaruhi performa seksual pria.

5. Pola Makan Buruk

Pola makan yang sehat dapat membantu memelihara kesehatan penis hingga dorongan atau gairah seksual pria. Sebaliknya, pola makan yang buruk dapat memberikan pengaruh yang negatif.

Berkaitan dengan hal ini, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya oleh pria. Jenis makanan tersebut adalah makanan yang digoreng, daging olahan, kedelai, minuman bersoda, gula, serta karbohidrat sederhana.

Selain itu, ada pula beberapa makanan yang diketahui dapat membantu memelihara kesehatan pria. Makanan-makanan tersebut adalah tomat, salmon, minyak zaitun, tiram, dan makanan pedas. Menurut studi, pria yang lebih sering mengonsumsi makanan pedas memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi.

6. Faktor Lain

Selain kelima kebiasan tersebut, Dr Saleh mengungkapkan bahwa ada beragam faktor lain yang dapat mengganggu kesehatan penis dan kesuburan pria. Beberapa dari faktor tersebut adalah pola hidup yang tidak aktif, riwayat penyakit jantung, riwayat diabetes, perilaku seks tidak aman, serta riwayat penyakit menular seksual.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement