Sabtu 12 Aug 2023 19:18 WIB

Perbedaan Besar Film Meg 2: The Trench dengan Novel Aslinya

Artikel ini mengandung spoiler bagi yang belum menonton Meg 2: The Trench.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Adegan di film Meg 2: The Trench. Setidaknya ada 5 perbedaan besar antara The Meg 2 dengan novelnya.
Foto: Dok Warner Bros
Adegan di film Meg 2: The Trench. Setidaknya ada 5 perbedaan besar antara The Meg 2 dengan novelnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Meg 2: The Trench menambah daftar film aksi Jason Statham. Sekuel ini membuat beberapa perubahan yang cukup besar dibandingkan bukunya yang menjadi dasar dalam proses produksinya.

Warner Bros memulai waralaba tersebut pada 2018 dengan film The Meg didasarkan pada seri novel fiksi ilmiah Steve Alten yang dimulai rilis pada 1997. Setelah film pertama menghasilkan lebih dari 500 juta dolar AS di seluruh dunia, sekuelnya dikembangkan berdasarkan angsuran lanjutan buku Alten, The Trench.

Baca Juga

Sekuel Meg 2: The Trench membawa Jason Statham kembali sebagai bagian dari film thriller aksi-petualangan, di mana Jonas Taylor ditugaskan untuk mengalahkan beberapa Megalodon dan menghentikan penjahat manusia yang korup. Pada saat Meg 2: The Trench berakhir, penonton menyaksikan Jonas melakukan perjalanan keliling dunia dengan sekelompok sekutu yang semakin berkurang dan bertempur melawan tiga Megs dan satu gurita raksasa. Film yang disutradarai oleh Ben Wheatley dan ditulis oleh Dean Georgaris, Jon Hoeber, dan Erich Hoeber ini memang mempertahankan beberapa perkembangan plot dan poin cerita dari novel Steve Alten, tetapi ini bukanlah adaptasi yang sepenuhnya mirip. 

Berikut ini perbedaan film Meg 2 dibandingkan novelnya:

1. Meg 2 menampilkan lebih banyak kematian

Perubahan besar yang berbeda dari bukunya adalah Meg 2: The Trench menampilkan kematian banyak orang. Jika dihitung, semua orang yang meninggal di Meg 2 ada sekitar 50 orang selama peristiwa tersebut sebagai akibat dari berbagai keadaan. Buku Steve Alten membatasi kematian hanya untuk segelintir orang, termasuk tiga remaja yang dimakan oleh Megalodon, Benediktus dibunuh oleh Kronosaurus, dan beberapa karakter sekunder lainnya yang sekarat.

2. Meg 2 tidak banyak terjadi di The Trench

Sejak Steve Alten menamai novel sekuelnya The Trench, dapat dipahami bahwa sebagian besar cerita terjadi di lokasi sesuai judul. Meg 2: The Trench tidak menghabiskan banyak waktu di Trench seperti yang terjadi di dalam buku.

Film ini menampilkan lokasi selama bagian awal dan tengah film, tetapi sama sekali tidak ada di akhirnya. Ini sangat berbeda dari akhir buku, yang melihat Jonas datang ke Trench untuk menyelamatkan Terry dan menangkis sekawanan Kronosaurus.

3. Bukunya memasukkan makhluk baru dikenal sebagai kronosaurus

Meg 2: The Trench mengubah buku dengan cara lain, tidak menyertakan penjahat makhluk baru utama di buku The Trench, Kronosaurus. Spesies reptil laut ini berasal dari Trench dalam buku dan juga dianggap telah punah.

Kronosaurus bertanggung jawab untuk menggerakkan seluruh plot dalam buku dan bahkan berperan dalam akhir cerita. Meskipun Meg 2 memperkenalkan beberapa makhluk reptil kecil dari Trench, mereka bukan Kronosaurus, yang diyakini memiliki panjang sekitar 33 kaki.

4. Meg 2 menyajikan lebih banyak Megalodon

Area di mana Meg 2 mengubah buku The Trench dan bisa dibilang menjadi lebih baik, hadir dengan banyaknya Megalodon. Novel sekuel Steve Alten hanya menyertakan single Meg yang dikenal sebagai Angel. Karena film ini perlu menjadi lebih besar dengan tontonannya dan entah bagaimana menjadi yang teratas dari dua putaran Megalodon di film pertama, Meg 2 menyertakan tiga hiu raksasa secara total.

5. Alur cerita ayah Jonas sangat berbeda dari buku

Perbedaan utama lainnya antara Meg 2: The Trench dengan bukunya adalah alur cerita ayah Jonas. Film ini membawa kembali Meiying dan secara efektif menjadikannya putri angkat Jonas, membangun hubungan yang terjalin di antara mereka di film pertama. Karakter Statham sebagian besar ditonjolkan dalam mode ayah di sepanjang film.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement