Sabtu 12 Aug 2023 17:44 WIB

Ahli Gizi: Manfaatkan 40 Menit Jendela Emas Usai Berolahraga untuk Pulihkan Otot

Untuk memulihkan otot, tubuh membutuhkan asam amino esensial.

Ahli gizi olahraga Emilia E. Achmadi dalam acara Garmin Run Workshop with Amino Vital, Sabtu (12/8/2023).
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Ahli gizi olahraga Emilia E. Achmadi dalam acara Garmin Run Workshop with Amino Vital, Sabtu (12/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan memegang peranan penting bagi setiap orang yang berolahraga. Sayangnya, masih banyak yang menganggap enteng hal ini.

Ahli gizi klinis Emilia E. Achmadi mengatakan tubuh membutuhkan asupan nutrisi tepat untuk memulihkan diri setelah berolahraga. Ketika berolahraga asupan yang paling penting adalah karbohidrat. Karbohidrat berfungsi untuk menghasilkan energi.

Baca Juga

Sedangkan untuk memulihkan otot, tubuh membutuhkan asam amino esensial. Asam amino adalah bagian terkecil dari protein. Asam amino esensial atau disebut juga branched-chain amino acids (BCAA) sangat penting untuk pembentukan massa otot dan tenaga.

"Asam amino esensial tidak dapat diproduksi oleh tubuh," kata Emilia yang juga merupakan ahli gizi olahraga saat ditemui dalam acara Garmin Run Workshop with Amino Vital, Sabtu (12/8/2023).

 

Asam amino bisa didapatkan dari makanan dengan kandungan protein tinggi, seperti daging merah, ikan, susu, dan kacang-kacangan. Asam aminon dibutuhkan untuk memperbaiki dan memulihkan otot, terutama sehabis berolahraga.

Sayangnya, tubuh memerlukan waktu lama untuk memproses makanan tersebut. Contohnya, tubuh memerlukan lima jam untuk mencerna daging.

"Kita butuh yang cepat. Ada yang namanya 40 menit jendela emas untuk pemulihan. Di sinilah peranan untuk mengombinasi makanan dengan suplemen," katanya.

Emilia menjelaskan waktu jendela emas selama 40 menit berlaku setelah seseorang berolahraga. Artinya, rentang waktu 40 menit setelah berolahraga adalah waktu terbaik untuk menyuplai nutrisi bagi tubuh. Dia menambahkan, asam amino tidak bisa ditabung di dalam tubuh. Asam amino dikonsumsi ketika kita membutuhkannya.

Gunanya untuk mengoptimasi proses pemulihan otot setelah berolahraga sehingga tubuh kembali siap untuk berolahraga kembali. "Tapi, di luar 40 menit itu bukan berarti jendela tertutup ya," katanya.

Processed Food Section Manager PT Ajinomoto Sales Indonesia Firman Prastowo mengatakan untuk membantu olahragawan mencukupi kebutuhan asam amino dengan cepat, Ajinomoto meluncurkan Animo Vital yang praktis. Animo Vital adalah sports jelly drink yang dikonsumsi 30 menit sebelum berolahraga.

"Asam amino BCAA dapat membantu mengurangi sakit otot dan membantu pemulihan pada saat olahraga dan setelah latihan. BCAA ini hanya membutuhkan 30 menit untuk dicerna," katanya.

Representative Garmin Indonesia Rian Krisna menambahkan untuk membantu pelari mencapai performa terbaiknya, Garmin memiliki jam khusus lari, yakni Garmin Forerunner. Tahun ini Garmin Forerunner genap berusia 20 tahun.

"Jam tangan Garmin memiliki fitur training readiness yang di antaranya mencatat waktu tidur, tingkat stres, dan waktu pemulihan. Selain itu, ada juga training status yang mencatat denyut jantung dan VO2Max," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement