Jumat 11 Aug 2023 22:10 WIB

Jungkook BTS Solois Korea Pertama yang Ada di Puncak Billboard 3 Pekan Berturut-turut

Sejak dirilis, lagu 'Seven' milik Jungkook BTS banyak menjuarai tangga lagu di dunia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Jungkook BTS. Jungkook menjadi solois Korea pertama yang memuncaki tangga lagu Billboard 3 pekan berturut-turut.
Foto: Dok BigHit Enterianment
Jungkook BTS. Jungkook menjadi solois Korea pertama yang memuncaki tangga lagu Billboard 3 pekan berturut-turut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Korea Selatan Jungkook BTS terus membuat sejarah di Billboard dengan debut solo resminya. Anggota termuda grup K-Pop BTS itu menjadi solois Korea pertama yang ada di posisi puncak tangga lagu global Billboard selama tiga pekan berturut-turut.

Pada bulan lalu, Jungkook merilis single solo debut bertajuk "Seven" berkolaborasi dengan rapper Latto. Karya itu membuatnya menjadi artis solo Korea pertama yang secara bersamaan mendebutkan sebuah lagu di posisi puncak tangga lagu Billboard Hot 100, Billboard Global 200, dan Billboard Global Excl US.

Baca Juga

Untuk pekan ini yang penghitungannya berakhir pada 12 Agustus 2023, "Seven" terus melanjutkan posisinya di posisi pertama Global 200 dan Global Excl US. Artinya, Jungkook menjadi solois Korea pertama yang menghabiskan tiga pekan di posisi pertama kedua tangga lagu tersebut.

Dikutip dari laman Soompi, Jumat (11/8/2023), "Seven" juga menghabiskan pekan ketiganya di 30 besar tangga lagu Hot 100. Di pekan ketiga, dia ada di posisi 30, setelah dua pekan berturut-turut sebelumnya berada di posisi 10 besar.

Semua pencapaian itu membuat Jungkook menjadi artis solo Korea kedua yang performanya kuat dalam sejarah Billboard, tepatnya setelah penyanyi Park Jae-sang alias Psy. Tepatnya 11 tahun lalu, Psy menghabiskan tiga pekan berturut-turut di tangga lagu 30 besar.

Selain itu, lagu "Seven" naik ke posisi 20 tangga lagu Pop Airplay Billboard, pada pekan ketiga sejak perilisan tembang tersebut. Tangga lagu Pop Airplay Billboard mengukur pemutaran mingguan di stasiun radio Top 40 arus utama di seluruh Amerika Serikat.

Single "Seven" juga tetap kuat di peringkat keenam tangga lagu Digital Song Sales Billboard dan ada di posisi ke-31 di tangga lagu Streaming Songs di minggu ketiganya. Terakhir, Jungkook berada di peringkat ke-57 di Artist 100 pekan ini, menandai pekan ketujuh (tapi tidak berturut-turut) kemunculannya dalam daftar itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement