Jumat 11 Aug 2023 00:20 WIB

Varian Eris Kini Mendominasi Kasus Covid-19 di AS

Varian Eris juga telah menimbulkan lonjakan kasus Covid-19 di Inggris.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Virus penyebab Covid-19 varian Omicron. Eris masih merupakan varian keturunan Omicron.
Foto:

Dosis penguat (booster) vaksin Covid-19 yang diperbarui--yang akan didistribusikan musim gugur ini--tidak dirancang untuk menargetkan EG.5. Sebaliknya, pada Juni, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS meminta Moderna dan Pfizer untuk menargetkan subvarian XBB.1.5 pada vaksin booster baru mereka karena itu adalah jenis yang dominan pada saat itu.

Pekan lalu, Pfizer mengatakan  bahwa mereka mengharapkan FDA untuk menandatangani vaksin terbarunya pada akhir bulan ini. Para ahli mengatakan vaksin booster baru mungkin menawarkan beberapa perlindungan terhadap EG.5 karena jenisnya mirip dengan subvarian XBB lainnya.

Andrew Pekosz, ahli virologi di Johns Hopkins University di Baltimore, AS mengatakan EG.5 memiliki protein lonjakan yang hampir identik, dan itulah dasar dari vaksin tersebut.

"Jadi, saat vaksin booster Covid tersedia musim gugur ini, mereka akan menjadi pasangan yang sangat cocok untuk varian ini," kata Pekosz.

Pekosz mengatakan belum diketahui apakah CDC akan mengeluarkan rekomendasi umum agar semua orang mendapatkan dosis penguat yang diperbarui atau hanya orang yang berusia di atas 60 tahun. Meskipun beberapa ahli terus memperdebatkan kegunaan relatif vaksin booster baru untuk populasi umum terhadap mereka yang paling rentan terhadap penyakit parah, Pekosz mengatakan mendapatkan suntikan lagi adalah langkah cerdas untuk kebanyakan orang.

"Sudah lama sejak kita memiliki penguat bivalen tahun lalu, dan varian XBB.1.5 dan EG.5 sangat berbeda dari yang ada di vaksin dosis penguat terakhir," katanya.

Belum ada data klinis tentang gejala yang paling umum dari EG.5, tetapi itu tidak mungkin berbeda jauh dari yang disebabkan oleh subvarian omicron lainnya, menurut Dr Shan-Lu Liu, salah satu direktur Viruses and Emerging Pathogens Program di Ohio State University di Ohio, AS. Gejala-gejala ini termasuk demam, batuk, kelelahan, nyeri otot dan sakit kepala.

"Begitu kita memasuki era omicron, virus telah berubah dari menginfeksi paru-paru menjadi lebih menginfeksi saluran napas bagian atas, tetapi gejalanya seharusnya cukup umum seperti pada infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya," kata Dr Liu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement