Jumat 11 Aug 2023 04:45 WIB

Aktor dan Publik Figur Mulai Buka Suara Tanggapi Aksi Oklin

Bagaimana perasaan keluarga sang pengunggah konten tak senonoh itu?

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Mansyur Faqih
Selebram berhijab Oklin Fia mendapat kritik pedas dari berbagai pihak. Konten mesum yang dilakukannya pun dinilai sebagai penistaan agama.
Foto: Instagram/@oklinfia
Selebram berhijab Oklin Fia mendapat kritik pedas dari berbagai pihak. Konten mesum yang dilakukannya pun dinilai sebagai penistaan agama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah aktor dan publik figur mulai buka suara perihal aksi tak senonoh TikTokers Oklin Fia. Hujatan menimpa Oklin terkait kontennya yang memperlihatkan dia makan es krim di depan kemaluan seorang pria.

Aktor Sonny Septian muak dengan konten-konten yang menjadikan sesuatu sebagai objek seksualitas. Siapapun sosok yang membuatnya, kata dia, konten semacam ini sangat tidak beradab dan merendahkan banyak perempuan. Dia pun sebagai laki-laki justru muak.

"Siapapun orangnya dengan atau tanpa hijab orang yang ngelakuinnya dan diposting di media sosial supaya dilihat banyak orang dan bisa diakses sama siapa aja, gw sebagai laki laki malah jijik banget liatnya. Malahan Gw sangat keberatan banget sebagai laki laki seolah “dijilati” alat k*****n nya di ruang terbuka dan dijadikan objek seksualitas. Ini Bukan konten lucu..jijik,"kata Sonny melalui unggahan Instagram @sonnyseptian dikutip Republika di Jakarta pada Kamis (10/8/2023).

Dia miris memikirkan perasaan keluarga sang pengunggah konten tak senonoh itu. Sonny juga miris bahwa perlakukan Oklin dalam hal sangat merendahkan banyak perempuan terlebih Muslim.

"Gw yakin banget yang dilakuinnya udah ngerendahin banyak perempuan bermartabat,khususnya umat muslim. Apalagi dengan atribut yang dikenakannya," kata dia.

Sonny mengatakan, jilbab sejatinya adalah kehormatan bagi perempuan Muslim untuk menutupi auratnya. Kehormatan itu, menurut dia, tak selamanya sebatas atribut pakaian semata, namun juga pada hati.

"Semua perempuan baik memiliki kontrol dan martabat diri seperti takdirnya perempuan yang diciptakan sebagai makhluk yang mulia, dan lagi2 dia bukan contoh yang baik," ujar Sonny.

Dia kemudian mengimbau kepada seluruh orang tua untuk menjaga anak-anak mereka dari konten-konten dan tontonan yang membahayakan seperti konten Oklin yang tak pantas untuk dikonsumsi. Dia khawatir bahwa konten-konten seperti itu dapat ditirukan pada generasi mendatang.

"Lagi lagi, sebagai orangtua kita harus hati-hati dengan konten konten dan tontonan yang membahayakan yang gampang banget diakses dan akhirnya di tiru sama anak2 kita dan generasi mendatang yaa," tukasnya di unggahan akun Instagram tersebut.

Sementara itu Aktor Refal Hady juga marah dan muak dengan konten-konten Oklin. "Bener-bener gak habis fikri! kerudung dikira atribut doang apa gimana ya? Gak punya adab si Oklin Oklin ini. Titisan Dajjal," kata Refal Hadu di aplikasi X @refalhady.

Konten bergaya mesum influencer Oklin Fia menjadi viral di media sosial dan mendapat banyak komentar pedas warganet. Sejumlah komunitas Muslim menganggap bahwa konten-konten Oklin juga termasuk penistaan agama.

Ustaz Wijayanto menilai konten yang dihasilkan Oklin dan dibagikan di media sosial sudah masuk dalam tahap pelecehan agama. Secara rinci, Ustaz Wijayanto menyebut pelecehan agama ini terjadi karena Oklin merepresentasikan diri sebagai Islam dengan pakaiannya, tetapi berperilaku tidak sepantasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement