Rabu 09 Aug 2023 19:38 WIB

Wisata Kuliner Sambil Menikmati Semilir Angin Laut di Aloha PIK

Aloha PIK mengusung konsep tropis ala Hawaii.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Suasana destinasi wisata kuliner tepi laut Aloha PIK di Pantai Pasir Putih Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Suasana destinasi wisata kuliner tepi laut Aloha PIK di Pantai Pasir Putih Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi yang lama tak bersua pantai dan kangen vitamin sea, Aloha PIK di Kawasan Pasir Putih Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 di Tangerang, Banten, bisa jadi pengobat rindu. Bahkan, keseruan di destinasi wisata kuliner tepi laut itu sempat viral di media sosial.

Aloha PIK memang sudah dibuka untuk umum sejak April 2023, tapi grand opening secara resmi yang turut mengundang Menteri BUMN Erick Thohir baru berlangsung pada Selasa (8/8/2023). Di sana, pelancong bisa berwisata kuliner dengan menikmati semilir angin laut yang menyegarkan.

Baca Juga

Dilihat dari namanya saja, sudah jelas tema yang hendak diusung lokasi wisata ini adalah konsep tropis ala Hawaii. Namun, ada juga unsur Nusantara yang dihadirkan, seperti ornamen dekorasi berupa elemen kayu, jerami, rotan, dan bambu pada arsitekturnya.

Terdapat banyak kursi dan meja sebagai tempat bersantai sambil bersantap yang bisa diduduki oleh pengunjung dengan bebas. Begitu juga ayunan di seantero lokasi, naungan untuk berteduh, bean bag, juga water feature berupa spot miniatur pantai dengan genangan air serta pasir putih.

photo
Suasana destinasi wisata kuliner tepi laut Aloha PIK di Pantai Pasir Putih Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten. - (Republika/Shelbi Asrianti)

Memakai sepatu di lokasi ini kurang disarankan, sebab pasir kerap menyelip ke dalam sepatu sehingga jadi tak nyaman. Lebih baik memakai sandal atau sepatu-sandal sehingga ketika tiba di area berpasir, langkah kaki terasa lebih ringan tanpa risiko sepatu kemasukan pasir.

Penyuka kuliner bisa memilih makanan yang disukai sesuai selera. Terdapat makanan berat, makanan ringan, minuman, es krim, juga hidangan penutup dari aneka gerai dari dalam dan luar negeri. Dari 30 tenant yang ada, terdapat delapan jenama kuliner besar yang sudah cukup terkenal, sementara sisanya merupakan UMKM.

Beberapa gerai kuliner terpantau mencantumkan keterangan apabila hidangan yang mereka sajikan boleh dikonsumsi wisatawan Muslim. Misalnya, beberapa gerai menempelkan tanda "100% Halal". Namun, perlu lebih cermat juga sebab beberapa gerai memang menyediakan makanan dan minuman nonhalal.

Untuk masuk ke Aloha PIK, pengunjung tidak dipungut biaya. Namun, ada ongkos parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang dibawa. Jam operasional Aloha PIK berbeda selama beberapa hari dalam sepekan, yakni Senin-Kamis (10.00-22.00), Jumat (10.00-24.00), Sabtu (07.00-24.00), dan Ahad (07.00-22.00).

Jika tak sempat ke Aloha PIK di pagi hari, disarankan datang setelah pukul lima sore ke lokasi ini. Sebab, saat Republika.co.id datang pukul empat sore, sinar matahari masih cukup menyengat. Namun, bila sudah bersiap dengan topi lebar dan kacamata hitam, atau memang ingin bermandikan sinar matahari, tak ada salahnya datang bakda Ashar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement