Ahad 06 Aug 2023 15:30 WIB

Menyambut Boy Era Gen Z, Catatan Si Boy Tayang 17 Agustus 2023

Boy versi sekarang penampilannya lebih cantik dan lucu dibanding Boy yang dulu.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Gita Amanda
Poster film remake Catatan SI Boy yang dibintangi Angga Yunanda. Rumah produksi MD Pictures mengumumkan film Catatan SI Boy rilis di bioskop pada 17 Agustus 2023.
Foto: Instagram/mdpictures_official
Poster film remake Catatan SI Boy yang dibintangi Angga Yunanda. Rumah produksi MD Pictures mengumumkan film Catatan SI Boy rilis di bioskop pada 17 Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film remake 1980-an Catatan Si Boy akan tayang pada 17 Agustus 2023 di seluruh bioskop Indonesia, menampilkan sosok Boy versi Gen Z. Film ini juga menjadi pengobat kerinduan bagi mereka remaja dari baby boomer dan Gen X.

Sutradara Hanung Bramantyo mengatakan agar mereka yang remajanya menonton Catatan Si Boy, jangan kaget dengan Boy versi masa kini. “Saya ingin menyambut, selamat datang buat Angga Yunanda, Boy era 2024,” ungkap dia dalam press screening Catatan Si Boy di XXI Epicentrum Jakarta, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga

Boy versi sekarang penampilannya lebih cantik dan lucu dibanding Boy yang dulu. “Ternyata kegantengan itu berevolusi, jadi angkatan saya, terbukalah. Boy berkembang, tidak stuck hanya bisa dimainkan pada satu saja,” ujar Hanung.

photo
Aktor Angga Yunanda dalam press screening film Catatan Si Boy di XXI Epicentrum Jakarta, Sabtu (5/8/2023). - (Republika/Rahma Sulistya)

 

Kemudian dari segi skenario, Hanung berusaha untuk membuat agar masih klik dengan anak-anak muda zaman sekarang. Karena pada saat tahun 1980-an, Catatan Si Boy adalah gerakan perlawanan anak muda terhadap orang tua yang kolot, menentang anaknya berpacaran dengan pilihannya sendiri.

Akhir cerita versi dulu dan sekarang juga dibikin berbeda oleh Hanung. Itu lah yang jadi kesulitan Hanung, apakah konteks permasalahan di masa lalu bisa relevan diangkat sekarang, apakah jangan-jangan di tengah gempuran film-film OTT yang berat Catatan Si Boy justru menjadi cemen.

“Itu yang buat saya agak ragu pada saat itu. Bahkan pada saat pembuatan pun, saya bikin ganti aja dialognya, saya bikin berat-berat. Tapi Pak Manoj keras, ‘Nggak, jangan mengubah dialog’. Ya udah lah. Tapi hari ini saya kaget dengan penontonnya, bikin saya pede,” kata dia. 

Sang pemeran utama Boy yang dimainkan oleh Angga Yunanda, mengatakan film ini sebagai feel good movie yang bakal bikin penonton senyum-senyum sendiri di bioskop. Angga juga mengaku bersyukur bisa memerankan karakter yang cukup ikonik ini, dengan gayanya sendiri.

“Ini sebuah kebanggaan luar biasa bisa terlibat dalam film yang sangat ikonik. Sepertinya kita udah lama banget tidak bisa merasakan senyum-senyum sendiri di bioskop, bisa ngerasa sangat fresh. Semoga kalian bisa enjoy menontonnya,” ungkap Angga dalam kesempatan yang sama.

Catatan Si Boy berkisah tentang anak muda yang kaya raya bernama Boy, tetapi rendah hati dan taat agama. Semua perempuan menyukainya tetapi ia tetap setia pada satu cintanya, Nuke (Syifa Hadju). Meskipun ketika Boy dan Nuke terpisah jarak, Boy sempat menjalin kasih dengan Vera (Alyssa Daguise).

Film yang diadaptasi dari film populer era 1980-an dengan judul sama, dikemas dengan latar waktu terkini. Menggambarkan kondisi Gen Z dengan istilah-istilah populernya, namun konflik percintaan yang diangkat masih sama dengan film aslinya, backstreet karena tak direstui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement