Sabtu 05 Aug 2023 11:28 WIB

Yang Dirasakan Tubuh dan Otak Saat Seseorang Mengalami Homesick

Sesekali merasa homesick adalah pertanda baik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita mengalami homesick (ilustrasi). Ada beberapa yang dirasakan tubuh dan otak ketika merasakan homesick atau rindu rumah.
Foto: www.freepik.com
Seorang wanita mengalami homesick (ilustrasi). Ada beberapa yang dirasakan tubuh dan otak ketika merasakan homesick atau rindu rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasa homesick atau rindu rumah saat bepergian cukup lama atau menempuh studi di tempat yang jauh dari kampung halaman merupakan hal yang sangat normal. Para ahli mengatakan, ada perubahan fisik dan mental yang mungkin dialami seseorang saat menghadapi kondisi itu.

Dikutip dari Huffington Post, Sabtu (5/8/2023), homesick bisa dipicu ketidaknyamanan dan tidak adanya suasana keakraban saat berada di lingkungan yang asing. Tidak heran jika seseorang terkenang rasa nyaman dan aman di rumah atau lingkungan yang sudah dikenal.

Baca Juga

Psikolog Patrice Le Goy mengatakan, sesekali merasa homesick adalah pertanda baik. Itu artinya seseorang memiliki rumah atau lingkungan yang stabil, penuh kasih sayang, dan pengasuhan. Namun, bisa jadi masalah jika perasaan itu bertahan terus-menerus.

"Jika dibiarkan, itu bisa menjadi lebih parah, menyebabkan perasaan cemas, terisolasi, dan depresi. Ketika semua yang Anda pikirkan adalah rumah dan orang-orang yang hilang serta lingkungan lama, itu dapat menghentikan Anda untuk menikmati dan hadir dalam keadaan saat ini," ucap Le Goy.

Profesor di Chicago School of Professional Psychology itu menyampaikan pula bahwa homesick kronis dapat menyebabkan seseorang merasakan kekosongan. Akhirnya, ada keinginan untuk kembali kepada tempat yang membuat mereka merasa "aman".  

Ketika perasaan terasing dan kesepian ini terjadi berulang kali, perasaan itu juga berdampak pada kondisi fisik. Kondisi itu memengaruhi saraf vagal punggung, bagian otak yang merespons isyarat bahaya dan akan mengaktifkan perlindungan diri.

Perasaan kesepian, isolasi, dan ketakutan berkelanjutan dapat mengakibatkan penutupan vagal punggung penuh, lalu sistem saraf kewalahan dan tubuh terjebak dalam mode diam. "Orang tersebut akan merasa mati rasa, apatis, tidak termotivasi, dan terputus dari sekitar," kata psikolog klinis berlisensi di San Francisco, Avigail Lev.

Ahli saraf bersertifikat Daniel Rifkin menyampaikan, homesick bisa memicu gejala fisik parestesia. Sensasi abnormal itu dapat menyebabkan mati rasa atau kesemutan di jari kaki, jari tangan, dan sekitar bibir, terjadi akibat bernapas berlebihan atau hiperventilasi.

Pembuluh darah dan saraf terpapar terlalu sedikit karbon dioksida, memengaruhi pH darah, dan akhirnya tidak berfungsi dengan baik. Jika mengalami masalah itu, lakukan latihan pernapasan. Tarik napas selama empat hitungan untuk membantu lebih rileks.

Rifkin menyebutkan dampak fisik lain dari homesick yakni gelisah, detak jantung lebih cepat, sulit tidur, sakit kepala, pikiran berkabut, dan nyeri dada berkepanjangan. Asisten profesor klinis neurologi di State University of New York di Buffalo itu menyebut gejala-gejala yang ada mirip dengan kondisi fisik saat seseorang berduka atau menghadapi kehilangan. 

Ada alasan neurologis mengapa hal ini terjadi di otak. Fenomena itu disebabkan oleh sinyal marabahaya abnormal yang berasal dari bagian terdalam otak, yang disebut amigdala. Dari sana, melalui sistem saraf simpatik, kelenjar adrenal dipicu untuk melepaskan adrenalin dalam jumlah yang melimpah.  

"Biasanya, ada sistem saraf parasimpatis untuk mengimbangi sinyal abnormal itu, tetapi dalam keadaan kecemasan atau stres yang meningkat, sistem parasimpatis tak bekerja dengan tepat," kata Rifkin.

Biasanya, saat stres berat, tubuh menunjukkan respons "melawan-atau-lari" untuk membantu keadaan kembali seimbang. Namun, dalam konteks rindu rumah, sistem saraf mengalami disregulasi, menyebabkan respons melawan-atau-lari terlalu sering diaktifkan. Itu merupakan hal buruk karena paparannya secara kronis dapat membahayakan tubuh.

Salah satu cara mengatasi ketidakseimbangan itu adalah melalui olahraga, yoga, meditasi, atau menggerakkan tubuh untuk melepaskan adrenalin ekstra. Bila perlu, Rifkin juga merekomendasikan mencari bantuan profesional untuk pengobatan.

Dibutuhkan upaya aktif lain untuk mengatasi homesick yaitu dengan membina koneksi baru. Bukan untuk menggantikan orang-orang dari rumah atau lingkungan lama, tetapi untuk memperluas hubungan positif. Cobalah bergabung dengan klub atau komunitas, atau berkenalan dengan orang baru.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement