Jumat 04 Aug 2023 00:06 WIB

Jangan Pinjam Lip Balm Orang, Awas Kena Infeksi Menular Seksual

Beberapa gejala infeksi menular seksual kerap tidak terdeteksi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Wanita menggunakan lip balm atau pelembap bibir. Berbagi lip balm sangat tidak disarankan.
Foto:

IMS pun dapat menyebabkan nyeri sendi yang menyerupai radang sendi dan infeksi mata. Sementara itu, infeksi HIV dini dapat disalahartikan sebagai gejala mirip flu, termasuk sakit kepala, demam, menggigil, lemas, dan sakit tenggorokan.

Ruam tubuh dan gatal-gatal akibat infeksi HIV atau sifilis terkadang juga disalahartikan sebagai reaksi alergi. Jika khawatir telah terpapar IMS, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis.

Dirk mengatakan, dokter mungkin meminta tes urine, tes darah, dan tes swab. Sel-sel dikumpulkan dari alat kelamin, mulut, kulit, tenggorokan dan/atau pantat menggunakan swab.

"Pasien juga dapat melakukan pemeriksaan fisik," ujarnya.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) telah membagikan daftar tanda peringatan IMS yang harus diwaspadai. Itu termasuk keluarnya cairan yang tidak biasa dari vagina, penis, atau anus. Gejala lain yakni nyeri saat buang air kecil, benjolan atau pertumbuhan kulit di sekitar alat kelamin atau anus, serta ruam.

Pendarahan vagina yang tidak biasa juga patut jadi perhatian. Begitu pula rasa gatal, lepuh, luka, dan kutil di area kelamin atau anus. Meski jarang terjadi, gejala juga bisa berupa munculnya kutil di mulut atau tenggorokan (jarang terjadi).

IMS biasanya ditularkan melalui aktivitas seksual atau kontak intim, disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit yang ditularkan di antara pasangan selama seks oral, vaginal, atau anal jika tak memakai kondom. Infeksi juga dapat terjadi secara non-seksual melalui kehamilan, persalinan, transfusi darah, jarum suntik bersama, dan kontak antara kulit dan kulit.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement