Kamis 03 Aug 2023 17:00 WIB

Mau Turunkan Berat Badan dan Cegah Diabetes, Coba Makan Kacang Pecan

Kacang pecan disebut sebagai makanan super oleh peneliti.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Kacang pecan (ilustrasi). Peneliti menyebut kacang pecan dapat dianggap sebagai makanan super yang dapat dikonsumsi baik secara langsung, sebagai bahan tambahan, atau sebagai bagian dari suplemen.
Foto:

Menurut Kepala Departemen Ilmu Hortikultura Texas A&M, Dr Amit Dhingra, orang-orang Amerika telah lama mengetahui bahwa pecan baik untuk kesehatan. Studi ini, lanjutnya, memberikan bukti ilmiah untuk mendukung nilai pengetahuan tradisional mereka.

"Kami tahu mekanisme potensial apa yang mendasari manfaat nutrisi itu. Departemen kami berfokus pada bidang keberlanjutan, kesehatan, dan ketahanan pangan, dan penelitian ini menggambarkan relevansi tanaman hortikultura bagi kesehatan manusia," ujar Dr Dhingra.

Prof Cisneros-Zevallos mengatakan temuan dari penelitian ini akan membantu menginformasikan studi klinis di masa depan tentang manfaat gizi pecan.

"Semakin banyak yang kita ketahui tentang fungsi pecan yang unik, semakin banyak kemungkinan untuk menciptakan produk yang lebih sehat," ujarnya.

Pecan memiliki kepentingan ekonomi dan sejarah bagi Texas dan AS. Produksinya juga memberikan stabilitas ekonomi bagi petani. "Pekerjaan ini akan membantu dalam pengembangan penggunaan baru dan produk dari pecan," tuturnya.

Temuan lengkap dari penelitian ini dipublikasikan di jurnal Nutrients.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement