Senin 31 Jul 2023 19:57 WIB

Kualitas Udara DKI Jelek, Dokter Erlina Burhan: Pakai Masker untuk Lindungi Saluran Napas

Cemaran udara bisa memicu sejumlah penyakit.

Suasana gedung-gedung bertingkat yang tertutup oleh kabut polusi di Jakarta, Selasa (25/7/2023). Dokter menganjurkan untuk memakai masker di tengah buruknya kualitas udara.
Foto:

Sistem pernapasan yang tidak terproteksi dari cemaran udara, menurut dr Erlina, dapat memicu sejumlah penyakit seperti iritasi, saluran pernapasan yang mudah terinfeksi, dan infeksi saluran pernapasan yang bertambah. Orang dengan asma juga jadi lebih mudah terpacu kena serangan asma.

"Jika sudah terserang asma, maka akan mudah kasusnya kambuh, maka jika kambuhan disarankan agar segera ke rumah sakit untuk mencegah kasusnya berat," katanya.

Dokter Erlina mengatakan, Jakarta menjadi salah satu kawasan perkotaan yang kini sedang disorot publik karena pengaruh polusi udara. Ia menjelaskan salah satu faktor buruknya kualitas udara di Jakarta disebabkan oleh transportasi, industri, dan sebagainya.

"Sekarang harus rajin-rajin memperbarui angka kasus cemaran di Jakarta, apakah levelnya sedang, sekarang apakah kuning, hijau, atau merah," katanya.

Menurut dr Erlina, dengan adanya transportasi publik yang lebih baik maka masyarakat bisa beralih dan transportasi pribadi bisa berkurang. Selain itu, ia juga mengingatkan pentingnya uji emisi kendaraan bermotor yang lebih rutin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement