Senin 31 Jul 2023 07:05 WIB

Jangan Cuek, Ini Pentingnya Pakai Tabir Surya

Tabir surya berfungsi sebagai proteksi awal dari paparan sinar matahari.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penggunaan tabir surya secara teratur dapat membantu mengurangi masalah kulit/ilustrasi
Foto: PxHere
Penggunaan tabir surya secara teratur dapat membantu mengurangi masalah kulit/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Ketika banyak beraktivitas di luar ruangan, kita disarankan untuk terus menggunakan tabir surya. Mengapa?

Dokter Muhamad Firdaus dokter umum di klinik MS Glow mengatakan bagi mereka yang banyak beraktivitas di luar ruangan harus selalu menggunakan tabir surya karena berfungsi sebagai proteksi awal dari paparan sinar matahari. 

Baca Juga

Dampak positif sinar matahari di pagi hari bagi tubuh yaitu mengandung vitamin D untuk imun tubuh dan memperkuat tulang. Namun, dampak negatifnya yaitu apabila tanpa perlindungan kulit maka akan terlihat tua, kulit terbakar dan flek dan kanker kulit.

"Bila sudah umur 20 atau 25 tahun tanpa perlindungan kulit akan terlihat lebih tua dari usia sebetulnya, atau penuaan dini, kulit kebakar, atau terjadi flek," ungkap dia di klinik MS Glow di Jalan Lombok, Bandung, Ahad (30/7/2023).

 

Bagi mereka yang beraktivitas di luar ruangan, ia menyebut asap kendaraan jika mengenai wajah akan merusak kulit dan bisa terjadi dehidrasi kulit atau peradangan.

Oleh karena itu, Firdaus menyebut untuk menggunakan tabir surya dan produk perawatan kulit anti-aging. Kolagen yang rusak akan membuat kulit mengkerut dan menjadi tidak kencang. 

Selain itu dapat menggunakan retinol untuk menghindari pembakaran dan kulit cerah serta menangkal radikal bebas. 

Ditambah penggunaan pelembap agar kulit tetap lembap. "Nutrisi tubuh kita selain dari sunscreen dan skincare juga dari apa yang dikonsumsi sebagai proteksi dalan tubuh, misal makan kacang, buah dan sayuran, jangan banyak gula dan tepung.

Pastikan pula waktu tidur kita cukup agar kulit tidak terlihat kusam," kata dia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement