Jumat 28 Jul 2023 18:55 WIB

Pejuang Garis Dua, Coba Terapkan Gaya Hidup Sehat Ini

Sel telur dan sperma sehat tentunya datang dari tubuh yang sehat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pasangan suami istri yang menginginkan kehamilan harus mempersiapkan diri karena hasil pembuahan embrio harus datang dari sel telur ataupun sperma yang sehat./ilustrasi
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pasangan suami istri yang menginginkan kehamilan harus mempersiapkan diri karena hasil pembuahan embrio harus datang dari sel telur ataupun sperma yang sehat./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kehamilan adalah sebuah proses alamiah, tapi bisa diupayakan dari pola hidup. Bagi yang mengalami masalah kesehatan tertentu, maka bisa diberikan terapi atau penanganan sesuai kondisinya.

Pasangan suami istri harus mempersiapkan diri karena hasil pembuahan embrio harus datang dari sel telur ataupun sperma yang sehat. Sel telur dan sperma sehat tentunya datang dari tubuh yang sehat.

Baca Juga

Penting menjauhi berbagai gaya hidup yang dapat merusak, seperti halnya merokok ataupun vape (rokok elektrik), memperhatikan kondisi berat badan, dan lainnya. Misalnya, tubuh tergolong obesitas atau kurus, konsumsi gizi seimbang, serta pola kerja yang sehat. Berikut tip sehat dari Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Yassin Bintang SpOG-KFER MSc.

1. Atur gaya hidup sehat.

Apabila seseorang mengalami obesitas, misalnya, memang hanya perlu merencanakan diet, hidup sehat, berolahraga. Saat ini sudah banyak kegiatan ataupun informasi yang bisa diakses baik daring maupun luring. Tergantung mau atau tidak menyediakan waktu, kata dr Yassin.

 

2. Pola makan seimbang.

Proses pembentukan sel telur dan sperma yang sehat sangat dipengaruhi hormonal dan metabolik. Gizi seimbang menjadi sangat penting dalam proses kehamilan. Kehamilan sangat dipengaruhi berbagai mikronutrien atau berbagai vitamin dan mineral.

Sering kali wanita hamil diberi vitamin khususnya asam folat oleh dokter guna mendukung pematangan sel telur. Zat bermanfaat lainnya bisa didapatkan dari sayur dan buah. Jadi, sangat penting mengonsumsi berbagai macam sayur dan buah secara bervariasi dan dibiasakan sehingga asupan mikronutrien terpenuhi.

 

3. Waspada polusi.

Jangan lupa hindari gaya hidup merusak, seperti merokok, terpapar polusi, dan sumber radikal bebas. Paparan radikal bebas bisa membuat sel menjadi tua sehingga mengganggu regenerasi sel. Saat ini kita terbantu dengan penggunaan masker agar hanya partikel kecil yang kemungkinan besar terhirup oleh hidung.

 

4. Jaga kesehatan mental.

Kesehatan mental juga menjadi hal sangat penting dalam upaya mendapatkan kehamilan. Tentunya selain sehat jasmani, anak yang lahir diharapkan punya mental yang sehat. Maka itu, orang tua, khususnya seorang ibu harus menjaga kesehatan mental untuk melahirkan anak yang juga sehat secara jasmani ataupun mentalnya. Suami istri sama-sama punya peran, jadi penting untuk sama-sama saling memaafkan.

 

5. Ikuti sumber valid.

Ikuti informasi yang benar dan legitimasinya baik. Dengarkan atau baca informasi dari sumber atau ahli yang validitasnya sudah tidak diragukan. Upaya program hamil bisa berbeda bagi setiap orang, bergantung pada kondisi masing-masing. Namun, informasi yang valid, biasanya akan sama dari tahun ke tahun, kecuali ada penelitian terbaru yang kemudian bisa dikoreksi. Jadi, pasutri harus mampu membedakan mana informasi benar dan palsu sehingga tidak membuang waktu lebih lama menuju proses kehamilan. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement