Selasa 25 Jul 2023 22:19 WIB

Kaki Terasa Gatal Saat Hamil, Ini yang Perlu Diwaspadai

Jangan abaikan jika kaki terasa gatal saat hamil, terlebih kalau ada gejala lain.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki gatal (Ilustrasi). Kolestasis kehamilan intrahepatik ditandai dengan munculnya rasa gatal pada kaki.
Foto: www.freepik.com.
Kaki gatal (Ilustrasi). Kolestasis kehamilan intrahepatik ditandai dengan munculnya rasa gatal pada kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada ibu hamil, kadar hormon progesteron dan estrogen yang meningkat bisa memicu kaki gatal. Kondisi itu cukup umum dialami saat mengandung. Namun, yang perlu diwaspadai adalah apabila kaki gatal dibarengi dengan gejala lain.

Sebab, itu bisa menjadi tanda kolestasis kehamilan intrahepatik atau intrahepatic cholestasis of pregnancy (ICP). Dikutip dari laman Mother and Baby, Selasa (25/7/2023), data dari Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menyebut ICP memengaruhi sekitar satu dari 140 ibu hamil di negara tersebut.

Baca Juga

ICP merupakan kondisi lever yang dapat berkembang selama kehamilan, di mana asam empedu tidak mengalir dengan baik saat tubuh mencerna makanan dan malah menumpuk. Ini lebih sering terjadi bila ada riwayat ICP dalam keluarga, meski tidak selalu harus ada riwayat untuk mengidapnya.

Peningkatan asam empedu saat hamil dapat meningkatkan kemungkinan persalinan prematur. Perempuan dengan ICP dapat ditawarkan induksi persalinan saat usia janin 35 pekan untuk memastikan bahwa bayi dilahirkan dengan selamat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement