Selasa 25 Jul 2023 18:30 WIB

Robert Downey Jr Sebut Sutradara Oppenheimer Punya 2 Sisi Kepribadian Berbeda

Sutradara Oppenheimer Christopher Nolan dinilai layak jadi sutradara top.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Robert Downey Jr. Menurut dia, sutradara Oppenheimer memiliki dua sisi kepribadian berbeda. (ilustrasi)
Foto: AP
Robert Downey Jr. Menurut dia, sutradara Oppenheimer memiliki dua sisi kepribadian berbeda. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Oppenheimer menandai kerja sama antara aktor Robert Downey Jr dengan sutradara Christopher Nolan. Dalam sinema tentang bapak bom atom tersebut, Downey berperan sebagai Lewis Strauss.

Dikutip dari laman CBR pada Selasa (25/7/2023), Downey menjelaskan bagaimana rasanya berkolaborasi dengan Nolan. Menurut Downey, sutradara nominasi Oscar itu seolah punya dua sisi kepribadian yang sangat berbeda, namun membuatnya sangat layak disebut sutradara kondang.

Baca Juga

Jika belum mengenalnya, Downey berpendapat orang-orang akan mengira Nolan adalah sosok yang menjaga jarak. Namun, setelah sekian lama berinteraksi, Nolan rupanya sama sekali tidak demikian.

Downey salut sebab Nolan punya ketajaman dan penguasaan mumpuni soal perfilman. "Sangat sulit untuk dijelaskan, tetapi dia adalah orang yang sangat, sangat, luar biasa. Hanya ada energi dan intensitas untuk apa yang dia lakukan," kata Downey.

Pemeran lain di film Oppenheimer memiliki pujian serupa untuk bakat pembuatan film Nolan. Aktris Emily Blunt, yang berperan sebagai istri Oppenheimer, Kitty, mengatakan salah satu kekuatan Nolan sebagai sutradara adalah dia selalu mempertimbangkan penonton.

Blunt menganggap Nolan sebagai orang yang tidak mementingkan diri sendiri. Sang sineas punya keyakinan besar pada penonton dan bioskop, juga keyakinan pada pentingnya pengalaman sinematik. Dia selalu berusaha penonton bisa mendapatkan pengalaman sinematik terbaik dalam film-filmnya. "Itu sebabnya orang-orang tidak merasa dikesampingkan," ujar Blunt.

Ulasan untuk film Oppenheimer sangat positif. Para kritikus memuji skenario dan para pemerannya, terutama Downey sebagai Strauss dan Cillian Murphy sebagai tokoh utama J Robert Oppenheimer. Film memulai debutnya dengan rating 96 persen di Rotten Tomatoes.

Penilaian itu melampaui The Dark Knight sebagai film dengan rating tertinggi dalam karier Nolan yang mengesankan. Penulis skenario Paul Schrader menyebut Oppenheimer sebagai "film terbaik dan terpenting abad ini", sementara Murphy menggambarkannya sebagai salah satu karya terbesar Nolan.

Oppenheimer saat ini sedang tayang di bioskop. Belum diketahui apa proyek Nolan berikutnya setelah film tersebut. Namun, dia telah menyatakan minatnya untuk menyutradarai film James Bond, mengatakan itu akan menjadi "keistimewaan luar biasa" baginya.

Petunjuk lain, Nolan dengan tegas tidak akan kembali menyutradarai film pahlawan super setelah dahulu rampung mengarahkan trilogi The Dark Knight. Nolan pun telah menyatakan bahwa dia tidak akan mengejar proyek apa pun sampai aksi pemogokan pelaku industri hiburan di Hollywood berakhir dan diselesaikan dengan baik.

Saat ini, tengah berlangsung aksi mogok oleh artis maupun penulis yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA) serta Screen Actors Guild—American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) yang menuntut serangkaian reformasi terkait pembayaran mereka. Nolan mengharapkan ada penyelesaian dan kompensasi yang adil, mengingat hubungan antara pekerja seni di Hollywood amat krusial.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement