Senin 24 Jul 2023 17:45 WIB

Penampilan Terbaik Aktor di Film Christopher Nolan, Ada yang Diganjar Piala Oscar

Film Christopher Nolan memiliki performa luar biasa, termasuk akting pemainnya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Aktpr Heath Ledger saat berperan sebagai Joker di film The Dark Knight karya Christopher Nolan. Ini merupakan salah satu penampilan terbaik di karya sutradara itu.
Foto: Warner Bros/DC
Aktpr Heath Ledger saat berperan sebagai Joker di film The Dark Knight karya Christopher Nolan. Ini merupakan salah satu penampilan terbaik di karya sutradara itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Christopher Nolan kembali ke layar lebar dengan film Oppenheimer. Selain film tentang seorang ahli fisika teoretis yang memainkan peran kunci dalam mengembangkan senjata nuklir pertama, film-film Nolan lainnya juga memiliki beberapa pertunjukan yang luar biasa, berkat dialog yang berat dan mengunggah pikiran serta talenta yang ia tarik ke dalam proyeknya.

Dari badut gila hingga kepala pelayan setia dan perempuan mematikan, inilah penampilan terbaik dalam film-film Nolan, dilansir laman Digital Trends, Senin (24/7/2023):

Baca Juga

1. Heath Ledger di film The Dark Knight

photo
Aktor Heath Ledger saat berperan sebagai Joker di film The Dark Knight. - (Reuters)

 

Mendiang Heath Ledger secara anumerta memenangkan Oscar Aktor Pendukung Terbaik 2008 untuk penampilannya. Dia tetap menjadi satu-satunya pemain yang menerima nominasi Oscar untuk akting dalam film Nolan, dan tidak sulit untuk memahami alasannya.

Ledger menghantui, namun memesona dalam The Dark Knight. Tidak ada penampilan yang mendekati sentuhan Ledger tentang Joker, tidak peduli berapa banyak versi baru Joker yang keluar.

2. Guy Pearce di film Memento

photo
Guy Pearce di film Memento. - (Newmarket Films.)

 

Film ini membuat Nolan mendapatkan nominasi Oscar pertamanya. Namun, ini juga merupakan karya brilian untuk Guy Pearce yang familier, tetapi sangat diabaikan.

Pearce memberikan penampilan yang mengerikan dan magnetis sebagai Leonard yang amnesia, membuat penampilan luar biasa yang menyeimbangkan ketegangan, keputusasaan, dan tekad dengan mulus. Ini adalah tindakan yang sangat sulit untuk dilakukan, namun Pearce melakukannya dengan penuh percaya diri yang mengagumkan dan muncul sebagai pemenang.

3. Michael Caine di The Dark Knight Rises

photo
Michael Caine saat bermain di The Dark Knight Rises. - (Warner Bros/DC)

 

Caine yang merupakan pemenang Oscar dua kali berperan sebagai Alfred Pennyworth, kepala setia Bruce Wayne yang dengan gigih dan teguh mendukungnya dalam upayanya untuk menjadi penjahat pembalas dendam. Caine memberikan karya terbaiknya di film ketiga, The Dark Knight Rises.

Saat Wayne mencapai akhir perjalanannya, Pennyworth yang setia harus memegang cermin di wajahnya dan menghadapkannya dengan pria yang telah menjadi, bahkan dengan mengorbankan cintanya. Caine memilukan sebagai Pennyworth, memberi film itu kaitan emosional yang diharapkan dari film terakhir dalam sebuah trilogi.

4. Matthew McConaughey di Interstellar

photo
Matthew McConaughey (tengah) di film Interstellar. - (Paramount Pictures)

 

Matthew McConaughey yang berperan sebagai Cooper, mantan pilot NASA yang meninggalkan keluarganya untuk menjalankan misi, memiliki tugas yang sulit untuk menjadi jantung Interstellar, tatanan yang cukup tinggi yang diperburuk oleh pendekatan plot yang dingin dan kaku.

Namun, sang aktor berhasil, memberikan penampilan yang hangat dan menarik yang membuat film tetap membumi, bahkan ketika ambisi intelektual Nolan mengancam akan mengambil alih. Interstellar adalah salah satu film luar angkasa terbaik sepanjang masa, sebagian besar berkat pendekatan tanpa kompromi Nolan dan karya terbaik karier McConaughey.

5. Robin Wiilliams di film Insomnia

photo
Robin Williams (kiri) aat bermain di film Insomnia. - (Warner Bros)

 

Robin Williams bersinar sebagai Walter Finch, antagonis Insomnia yang menakutkan dan licik. Aktor peraih Oscar ini memberikan salah satu penggambarannya yang paling mengerikan sebagai Finch, ciptaan yang tepat, hampir menawan, namun tetap meresahkan yang berada di antara upaya layar lebar terbaiknya.

6. Aaron Eckhart di The Dark Knight

photo
Aaron Eckhart di film The Dark Knight. - (Warner Bros/DC)

 

Aaron Eckhart berperan menjadi Harvey Dent dan memiliki salah satu tugas terberat di film. Dia harus mewujudkan perjuangan Dent yang benar sepanjang babak pertama dan menjual korupsinya selama babak ketiga, sambil membuatnya dapat dipercaya dan menarik.

Aktor tersebut menjawab tantangan tersebut, memberikan penampilan yang penuh semangat dan komitmen yang sama pentingnya untuk kesuksesan film seperti aksi heroik Christian Bale melawan Batman atau peran jahat Ledger sebagai Joker.

7. Marion Cotillard di Inception

photo
Marion Cotillard di film Inception. - (Warner Bros)

 

Film-film Nolan sering dikritik karena karakter wanitanya yang kurang maju dan Inception tidak terkecuali. Namun, pemenang Oscar Marion Cotillard memberikan salah satu yang terbaik dari karakter perempuan mematikan. Sebagai Mal yang berubah-ubah dan berbahaya, Cotillard memikat namun tidak ramah, dingin dan mematikan, antagonis bayangan yang sempurna untuk film yang berkaitan dengan mimpi yang mendebarkan.

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement