Senin 24 Jul 2023 04:15 WIB

Cara Simpel Siapkan Bekal Sekolah Buah Hati

Orang tua perlu membuat bekal sekolah dengan rasa yang lezat dan bernutrisi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Beberapa contoh menu bekal simpel yang bisa orang tua siapkan saat anak pertama kali bersekolah, mulai dari nasi bento atau nasi goreng lengkap/ilustrasi
Foto: unsplash
Beberapa contoh menu bekal simpel yang bisa orang tua siapkan saat anak pertama kali bersekolah, mulai dari nasi bento atau nasi goreng lengkap/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat anak baru memasuki usia sekolah, baik pendidikan anak usia dini (PAUD), kelompok belajar, taman kanak-kanak (TK) maupun tingkat sekolah dasar (SD), terkadang membuat orang tua bingung dan khawatir. 

Oleh karena itu, sebaiknya orang tua mempersiapkan anaknya untuk menghadapi sekolah pertamanya. Satu hal yang tak kalah penting disiapkan adalah bekal untuk anak selama di sekolah.  

Baca Juga

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah, dr Cynthia Rindang, SpA, membenarkan bahwa bekal sekolah anak juga menjadi hal penting. Oleh karena itu, ada baiknya orang tua membuat bekal sekolah dengan rasa yang lezat dan bernutrisi, namun jangan lupa untuk libatkan anak untuk memilih bekal yang akan dibawanya.

Bagaimana mempersiapkan agar bekal sekolah anak lebih menggugah selera makan? 

"Menjadi lebih mudah jika sudah menyiapkan daftar menu mingguan sebelumnya setelah berdiskusi dengan anak, serta pastikan jenis makanan yang dibawakan sesuai dengan kebutuhan gizi seimbang (tepat jenis, tepat jumlah, tepat jadwal) dan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak (karbohidrat, protein, lemak, buah dan sayur, serta susu)," ujar Cynthia.

Beberapa contoh menu bekal simpel yang bisa orang tua siapkan saat anak pertama kali bersekolah, mulai dari nasi bento atau nasi goreng lengkap dengan lauknya, berbagai macam olahan pasta, maupun roti isi.

Sedangkan, untuk anak yang sering memilih makanan, upayakan juga untuk membuat tampilan bekal menarik untuk makanan yang dibawakan dan disertai memberikan anak kesempatan untuk memilih piranti makan yang akan digunakan.

Dalam menyiapkan bekal anak sekolah, bisa memilih kotak makan yang menarik. Misalnya bertemakan kebun bintang, olahraga maupun karakter lucu lainnya. Pilih juga kotak makan yang terbagi dan terpisah dengan tutup. Segel yang aman membantu mencegah makanan berantakan atau hancur, dilengkapi kaitan penutup yang membuat anak mudah membuka atau menutup sendiri oleh tangan kecilnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement