Rabu 19 Jul 2023 23:52 WIB

Rumah Kerap Diserbu Lalat? Coba Trik Sederhana dengan Kantong Plastik Ini

Serbuan lalat di rumah bisa diatasi hanya dengan menggunakan kantong plastik.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kantong plastik berisi air bisa digunakan untuk mengusir lalat/ilustrasi
Foto: unsplash
Kantong plastik berisi air bisa digunakan untuk mengusir lalat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Serbuan lalat di area rumah biasanya mengalami peningkatan yang signifikan ketika cuaca panas. Keberadaan lalat-lalat di area rumah tentu sangat mengganggu dan dapat memicu masalah kebersihan serta kesehatan. Bagaimana cara mengatasinya?

Menurut praktisi properti asal Orlando, Genny West, serbuan lalat di rumah bisa diatasi hanya dengan menggunakan kantong plastik. Yang pemilik rumah perlu lakukan adalah mengisi kantong plastik dengan air lalu menggantungnya di pegangan pintu rumah.

Baca Juga

Melalui akun Instagram pribadinya, West mengungkapkan bahwa trik ini dia mengetahui trik ini dari rekannya. Saat pertama kali mendengar trik ini, West mengaku tidak percaya dan mengira rekannya hanya bercanda.

Rekannya lalu meminta West untuk mencoba trik tersebut dan membuktikannya sendiri di rumah. Setelah menuruti saran rekannya, West merasa takjub karena trik sederhana tersebut benar-benar efektif dalam mencegah serbuan lalat ke dalam rumah.

West mengatakan, sejak melakukan hal tersebut tak ada satu lalat pun yang masuk ke dalam rumahnya. Dia bahkan tak menemukan keberadaan lalat di sekitar rumahnya. "Ini benar-benar hanya kantong plastik zip lock dan saya menggantungnya di pintu rumah saya," jelas West, seperti dilansir Express pada Rabu (19/7/2023).

Melalui unggahan yang dia buat, West mengaku bingung sekaligus takjub terhadap trik ini. West mengatakan dia tak bisa mengerti mengapa kantong plastik berisi air bisa membuat lalat menjauh dari rumahnya. Unggahan yang dibuat oleh West dengan cepat menjadi viral di Instagram. Tak sedikit warganet yang ikut berdiskusi mengenai trik tersebut.

Seorang pengguna Instagram menilai trik tersebut bisa bekerja dengan efektif karena gerakan lalat bergantung pada cahaya. Cahaya yang dibiaskan dari air di dalam kantong plastik dapat membuat lalat bingung sehingga memilih untuk menjauh dari area tersebut. "Itu membuat lalat berpindah ke tempat lain yang lebih memberikan kenyamanan untuk mata mereka," papar seorang warganet.

Hal senada juga diungkapkan oleh warganet lain. Warganet tersebut menyatakan bahwa pembiasan cahaya dari air di dalam kantong plastik membuat mata lalat menjadi tidak nyaman. Kondisi ini membuat lalat memilih untuk menjauh. "Mata lalat tidak melihat seperti mata manusia pada umumnya. Lalat bisa melihat dari segala arah dan segala sisi dalam satu waktu," tambah warganet lain.

Efek pengusiran lalat dengan trik kantong plastik ini akan semakin efektif bila pemilik rumah juga memasukkan koin ke dalam kantong plastik berisi air yang mereka gantung di pintu. Keberadaan koin dapat semakin membuat lalat merasa bingung.

"Dengan koin, yang terlihat oleh lalat adalah figur gelap dengan paparan cahaya di belakangnya, dan itu membuat lalat percaya bahwa (koin tersebut) adalah predator," ujar warganet lain.

Trik kantong plastik ini ternyata tak hanya umum digunakan di area rumah. Trik ini juga sangat umum digunakan di restoran hingga pasar makanan untuk mengusir lalat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement