Senin 17 Jul 2023 15:23 WIB

15 Gejala Awal Kanker Paru-paru, Cek Kondisi Anda

Jika kanker terdeteksi lebih awal, pengobatannya lebih efektif.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Batuk, nyeri dada, hingga sesak napas menjadi gejala awal kanker paru-paru, (ilustrasi)
Foto: Flickr
Batuk, nyeri dada, hingga sesak napas menjadi gejala awal kanker paru-paru, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Kanker paru-paru merupakan salah satu kanker yang paling mematikan. Penyakit ini biasanya menyerang kaum Adam.

Dr Colin Tidy mengungkapkan peringatan awal kanker paru-paru yang membutuhkan penanganan medis segera. Menurutnya, satu dari 13 pria Inggris dan satu dari 15 wanita Inggris akan didiagnosis menderita kanker paru-paru seumur hidup mereka.

Baca Juga

Gejala awal dapat meliputi batuk, nyeri dada, sesak napas, sakit tulang, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, batuk darah, jari bengkak, demam, lemas, kesulitan menelan, sakit kepala, mual, muntah, suara serak dan mengi.

Onkologi klinis Neil Bayman, atas nama Macmillan Cancer Support, mengatakan sekitar 46.400 orang didiagnosis dengan kanker paru-paru setiap tahun. Ada dua jenis utama kanker paru-paru, kanker paru-paru non-sel kecil dan kanker paru-paru sel kecil.

Bayman menunjukkan bahwa yang pertama (kanker paru-paru non-sel kecil) adalah jenis yang paling umum."Sekitar 90 persen kanker paru-paru adalah kanker paru-paru non-sel kecil," ujarnya seperti dilansir dari laman Express, Senin (17/7/2023).

Siapa pun yang didiagnosis menderita kanker paru-paru akan meminta tim medis menjelaskan perawatan yang tersedia bagi mereka. Opsi perawatan dapat menyebabkan efek samping, yang akan dijelaskan secara rinci oleh spesialis kepada Anda. Pembedahan, misalnya, melibatkan pengangkatan tumor dari paru-paru, serta jaringan paru-paru.

Cancer Research mencatat sekitar 15 dari setiap 100 orang (sekitar 15 persen) akan bertahan dari kanker mereka selama lima tahun atau lebih. 

Prospek seseorang tergantung pada stadium kanker yang didiagnosis, karena kanker terdeteksi lebih awal, pengobatan yang lebih mungkin akan efektif. Jika Anda menduga Anda mungkin mengalami gejala kanker paru-paru, buat janji temu dengan dokter. "Kesehatan dan kebugaran Anda secara umum juga memengaruhi kelangsungan hidup," kata badan amal itu. "Semakin bugar Anda, semakin baik Anda dapat mengatasi kanker dan pengobatan Anda."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement