Jumat 14 Jul 2023 17:21 WIB

Melirik Produk dan Peluang Bisnis Kosmetik Thailand

Potensi industri kecantikan Thailand akan terungkap dalam ajang business matching.

Produk kecantikan Thailand akan hadir dalam ajang Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching yang berlokasi di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada 25 Juli 2023 mendatang.
Foto: ICP
Produk kecantikan Thailand akan hadir dalam ajang Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching yang berlokasi di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada 25 Juli 2023 mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Jika selama ini kita mengenal merek kosmetik dari Amerika, Eropa hingga Korea Selatan, tampaknya saat ini kita bisa berkenalan dengan produk kosmetik dari negeri tetangga, Thailand. Boleh dibilang 

Sektor industri kecantikan, produk kosmetik dan perawatan pribadi di Thailand merupakan salah satu yang terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara. Pada 2022, data dari statista.com mengungkapkan, nilai pasar kosmetik mewah dan wewangian di Thailand mencapai sekitar 487 juta dolar AS.

Baca Juga

Menurut Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta, produk kosmetik dan perawatan pribadi berkembang pesat. Pertumbuhan yang kuat ini, di antaranya, karena adanya pergeseran generasi, yakni konsumen muda yang mulai memasuki pasar. ''Pada saat yang sama, perubahan ini diperkuat oleh internet dan media sosial, yang memiliki efek jangka panjang pada perilaku pembelian produk kecantikan,'' ujarnya dalam siaran pers, Jumat (14/7/2023). 

Banyak upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Thailand dan para produsen untuk mengembangkan produksi dan memperluas merek-merek dalam negeri guna memperkenalkan produk kosmetik dan perawatan kulit Thailand ke manca negara. Jadi, tidak hanya untuk kebutuhan pasar domestik, produk kecantikan Thailand juga sudah melintas berbagai negara, sebutlah Jepang, Filipina, Vietnam, juga Indonesia. 

 

Potensi yang kuat industri kecantikan Thailand tersebut akan diungkap dalam acara 'Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching’ yang berlokasi di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada 25 Juli 2023 mendatang. Ajang yang berupa seminar dan business matching ini akan menghadirkan para pengusaha kosmetik dan perawatan pribadi asal Thailand, dan para undangan yang terdiri dari para importir dan distributor produk kosmetik dan personal care di Indonesia.

Setidaknya, dari Thailand akan hadir sekitar 18 pengusaha kosmetik dan perawatan pribadi dengan berbagai merk. Sedangkan dari Indonesia akan melibatkan pengusaha kosmetik dan perawatan pribadi nasional, pemilik brand di industri kecantikan, para importir,  asosiasi pengusaha spa, gabungan usaha nasional dari berbagai sektor, baik itu badan usaha milik swasta, koperasi maupun badan usaha milik pemerintah. 

Pada acara 'Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching’,  sebanyak 18 perusahaan kosmetik dan perawatan pribadi dari Thailand memastikan akan hadir. Mereka adalah brand/merk ternama seperti pada kategori skin care yaitu IN2IT, MILK PLUS, De Leaf Thanaka, Proud, MADELYN, Natural SERISIN Premium, Mc Jabrial, Natural MEDISILK Premium, P.O Care, USTAR-SIGNATURE, milk. 

Untuk kategori hair care akan hadir merk BIOWOMAN dan NAROSE. Sedangkan body care akan hadir merk FAE and MAE serta ORCHID WONDER. Adapun untuk herbal aroma spray/perfume serta inhaler dengan merk AYATANA, KISS OF BEAUTY dan IDOGRAGRANCE. Tak ketinggalan untuk produk kecantikan dan spa akan hadir PATTRENA dan Merry Cosmetic Laboratory.

Tak ayal, menurut Hataichanok Sivara, peluang kerjasama antara Thailand dan Indonesia di sektor kosmetik dan perawatan pribadi sangat menarik mengingat pertumbuhan yang pesat di kedua negara tersebut. Meskipun keduanya adalah pesaing dalam industri ini, kerjasama antar kedua negara dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan dan mendorong pertumbuhan yang lebih besar.

Salah satu peluang kerjasama yang dapat dieksplorasi adalah pertukaran pengetahuan dan teknologi antara kedua negara. Thailand telah menjadi salah satu pusat kecantikan dan perawatan pribadi di Asia dengan banyak perusahaan kosmetik yang sukses dan inovatif. Indonesia dapat memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan Thailand untuk meningkatkan kualitas produk dan inovasi dalam industri kecantikan di Indonesia.

Selain itu, kolaborasi dalam penelitian dan pengembangan produk juga dapat menjadi area kerjasama yang menjanjikan. Kedua negara memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk berbagai bahan alami yang dapat digunakan dalam formulasi produk kecantikan. Dengan saling berbagi pengetahuan dan sumber daya, Thailand dan Indonesia dapat menciptakan produk-produk yang inovatif dan berkualitas tinggi yang menarik bagi pasar global.

Pertukaran profesional dan pelatihan juga dapat menjadi aspek penting dalam kerjasama antara kedua negara. Thailand memiliki industri kecantikan yang maju dan matang, sehingga dapat menyediakan peluang bagi tenaga kerja Indonesia untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam industri kecantikan. 

Selain itu, kerjasama dalam pemasaran dan distribusi juga dapat menjadi strategi yang efektif. Dalam era digital dan penjualan online yang berkembang pesat, kedua negara dapat berbagi pengalaman dan strategi dalam memanfaatkan platform online untuk memasarkan dan menjual produk kecantikan mereka. Dengan membangun kemitraan dan saling mempromosikan produk masing-masing, Thailand dan Indonesia dapat memperluas jangkauan pasar mereka dan meningkatkan daya saing di tingkat regional maupun global. 

 

sumber : Siaran pers
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement