Kamis 13 Jul 2023 12:08 WIB

Tekuni Bisnis Sportainment, Raffi Ahmad Fokus di Sepak Bola, Basket, dan Tenis

Raffi Ahmad mengaku sedang fokus di tiga cabang olahraga.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Acara konferensi pers kemitraan antara Artotel Group dengan Rans Nusantara Football Club  dan Rans PIK Basketball Club di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta, Rabu (12/7/2023).
Foto: Republika/Noer Qomariah Kusumawa
Acara konferensi pers kemitraan antara Artotel Group dengan Rans Nusantara Football Club dan Rans PIK Basketball Club di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta, Rabu (12/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak hanya terkenal sebagai artis, Raffi Ahmad kini juga sukses sebagai pengusaha. Dia juga merambah unit bisnisnya ke bidang olahraga.

Akuisisi yang dilakukan Raffi pada 31 Maret 2021 membuat Cilegon United resmi berganti nama menjadi Rans Cilegon FC di Liga 2 musim 2022. Memasuki Liga 1, tim yang ber-home base di Stadion Pakansari ini kembali berganti nama menjadi Rans Nusantara FC (RFC) pada Kongres Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), 30 Mei 2022.

Baca Juga

Setelah mengakuisisi klub sepak bola, Raffi bersama Rans membentuk tim bola basket, Rans PIK Basket Ball Club (RPC). Tim ini didirikan pada tahun 2021 dan bermarkas di Rans Prestige Sportainment PIK 2, Jakarta Utara. Selain itu, Rans juga memiliki atlet tenis bernama Muhammad Rifqi Fitriadi.

"Saya lagi fokus di tiga itu," kata suami artis Nagita Slavina ini di acara konferensi pers kemitraan antara Artotel Group antara RFC dan RPC di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta Rabu (12/7/2023).

Raffi mengaku masih belajar di dunia olahraga dan entertainment. Menurut Raffi, dua hal itu harus dipadupadankan karena akan menjadi satu hal yang sangat berbeda.

Hingga pekan kedua ini, RFC meraih dua kemenangan dan berada di puncak klasemen sementara Liga 1. Tahun lalu, RPC berada di posisi keenam dan tahun ini tim basket tersebut berada di posisi kelima. Sedangkan untuk tenis, Muhammad Rifqi Fitriadi mendapat medali emas nomor tunggal putra  di SEA Games 2023 Kamboja

Lalu, apa yang membedakan tim-tim olahraga yang berada di bawah naungan RANS dengan tim kuat lainnya? Raffi mengungkapkan tim olahraganya didukung oleh Rans Entertainment atau Rans medianya.

"Kami dibantu dengan media sosial kami yang kuat. Selain Instagram, kami ada Youtube, ada TikTok, ada Threads yang baru, dan lain-lain. Total followers-nya RANS induk itu lebih dari 110 juta followers, hampir 120 juta followers. Jadi mungkin ini kelebihannya," ujarnya.

Selain itu, terkait perpaduan antara sport dan entertainment (sportainment), Raffi mengatakan bahwa ini harus dikulik dari berbagai macam cara. Misalnya, dari segi bisnis dan dari segi momen.

Contohnya yang dilakukan Raffi adalah menggelar Lagi-Lagi Tenis di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu (24/6/2023). Hampir 5.000 tiket habis terjual dalam waktu lima menit. Dia juga sedang membuat lagi pertandingan selebritas, yaitu badminton dan lain-lain.

"Mungkin sportainment ke depan akan maju karena setelah pandemi Covid-19 ini orang banyak menyadari sehat itu penting. Jadi kayak lapangan tenis, gara-gara acara Lagi Lagi Tenis terus yang tahun lalu Vindes (Vincent dan Desta) bikin acara tenis, sekarang mau nge-booking lapangan tenis enggak bisa, susah banget, badminton juga sama," kata ayah dari Rafathar Malik Ahmad dan Rayyanza Malik Ahmad ini.

Raffi menyebut beberapa olahraga yang dekat dengan masyarakat Indonesia seperti sepak bola, badminton, basket, dan tenis sudah mulai bergeliat lagi.

"Itu juga dari wadah sportainment-nya, kita bisa memengaruhi orang-orang, kita bisa datang dengan kampanye apa pun yang memang mau kita bikin" ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement