Rabu 12 Jul 2023 17:51 WIB

Jackie Chan Bikin Unggahan Haru, Puji Mendiang Coco Lee

Menurut Jackie Chan, Coco Lee terlahir sebagai bintang.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Coco Lee meninggal dunia pada Rabu (5/7/2023) dalam usia 48 tahun. Para artis mengungkapkan duka cita atas kematian Coco Lee.
Foto: AP Photo/Billy Dai, File
Penyanyi Coco Lee meninggal dunia pada Rabu (5/7/2023) dalam usia 48 tahun. Para artis mengungkapkan duka cita atas kematian Coco Lee.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri hiburan di Asia kehilangan salah satu bintang paling cemerlang kelahiran Hong Kong, Coco Lee, pada 5 Juli 2023. Mendiang meninggal dunia dalam usia 48 tahun.

Lee, yang dikenal dengan lagu-lagu Mandarin, Inggris, dan Kantonnya, meninggal di rumah sakit Hong Kong, setelah upaya bunuh diri pada 2 Juli 2023. Setelah kematiannya, ada banyak selebritas, termasuk penyanyi Singapura JJ Lin, artis Taiwan Jay Chou, dan Angela Chang mengungkapkan kesedihan mereka di media sosial

Baca Juga

Beberapa waktu lalu, bintang laga Hong Kong, Jackie Chan mengunggah foto dirinya bersama Lee di akun Weibo miliknya. "Coco, kamu terlahir sebagai bintang dengan bakat luar biasa dan gaya pribadi yang unik. Suara, tarian, dan senyum cerahmu telah memengaruhi begitu banyak orang. Kamu telah berkontribusi begitu banyak untuk dunia ini,” tulis Jackie Chan dilansir The Star, dikutip pada Rabu (12/7/2023).

Dia berharap Coco Lee beristirahat dengan damai. “Aku harap tidak akan ada lagi penderitaan atau rasa sakit untukmu,” tulis Chan.

Chan pernah bekerja bersama Lee dalam versi Mandarin dari proyek Disney Mulan (1998), di mana mereka masing-masing menyuarakan Jenderal Li Shang dan Mulan. Sementara itu, pembuat film ternama Taiwan, Ang Lee (sutradara Life Of Pi (2012) dan Hulk (2003)) mengungkapkan keterkejutannya atas kematian penyanyi tersebut. Ang menambahkan dia memiliki pengalaman menyenangkan bekerja dengan Lee, yang menyanyikan “A Love Before Time” untuk film Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000) karyanya.

Aktris peraih Oscar, Michelle Yeoh, bergabung memberikan penghormatan kepada Coco Lee. “Coco adalah orang Cina pertama yang tampil di Oscar, kami sangat bangga dan akan selalu begitu. Anda dan suara indah Anda akan dirindukan,” tulis aktris kelahiran Ipoh itu di Instagram.

Aktris berusia 60 tahun itu mengunggah dua foto, yaitu fotonya dan Lee, serta foto Lee bersama dengan Ang Lee. Coco Lee menyanyikan lagu tema “A Love Before Time” dari film ikonik Crouching Tiger, Hidden Dragon, yang menerima nominasi Oscar Lagu Asli Terbaik. Lee diundang untuk tampil di Oscar pada 2001, yang menjadikannya orang Tionghoa pertama di panggung itu.

Selebritas lain yang mengungkapkan keterkejutannya atas kematian Lee adalah bintang Hong Kong, GEM yang beberapa kali berkolaborasi dengan mendiang penyanyi itu di acara variety Cina. "Aku tidak bisa membayangkan berapa banyak yang telah kamu lalui. Tidak bisa membayangkan berapa banyak rasa sakit di balik senyummu. Beristirahatlah dengan tenang," tulis GEM.

Penyanyi Hong Kong Sammi Cheng juga memberi penghormatan kepada Lee, dengan foto-foto mereka dari konser Lee pada 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement