Selasa 11 Jul 2023 20:25 WIB

Tempat Terbaik Menyimpan Roti Supaya tak Mudah Berjamur

Cara penyimpanan roti menentukan kesegerannya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Roti (ilustrasi). Agar kondisi roti tetap segar lebih lama, cara penyimpanan yang terbaik adalah dalam wadah tertutup.
Foto: www.freepik.com.
Roti (ilustrasi). Agar kondisi roti tetap segar lebih lama, cara penyimpanan yang terbaik adalah dalam wadah tertutup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang belum tahu cara paling tepat menyimpan roti supaya tidak mudah berjamur. Pakar keamanan pangan dari High Speed Training, Sarah Taylor, membagikan cara dan tempat terbaik untuk menyimpan roti.

"Membeli roti yang sudah diiris adalah pilihan yang baik dan lebih murah untuk menjaga kesegaran roti lebih lama karena jamur membutuhkan waktu lebih lama untuk menyebar ke seluruh roti," kata Taylor, dikutip dari laman Express, Selasa (11/7/2023).

Baca Juga

Umumnya, roti yang tersedia di supermarket cenderung bertahan sepekan sebelum menjadi basi atau berjamur. Roti yang baru dipanggang malah punya umur simpan yang lebih pendek. Taylor menyarankan mengingat hal itu saat memilih jenis roti yang dibeli.

Agar kondisi roti tetap segar lebih lama, cara penyimpanan yang terbaik adalah dalam wadah tertutup. Wadah itu bisa berupa tempat khusus roti atau kantong khusus roti. Bisa juga tetap menyimpan roti dalam kemasan aslinya, asalkan tempatnya tertutup dan ditempatkan di area yang sejuk dan kering.

Namun, perlu diingat jika roti dikemas dalam kemasan plastik, ada kemungkinan roti jadi "berkeringat" saat disimpan di lingkungan yang hangat. Itu bisa membuat kelembapan terbentuk di dalam kemasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement