Selasa 11 Jul 2023 11:38 WIB

Pengguna Threads Meroket Jadi 100 Juta, Singkirkan Rekor ChatGPT

Pencapaian Threads menggeser ChatGPT sebagai aplikasi dengan pertumbuhan tercepat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Pengguna mengakses halaman login aplikasi media sosial Threads. Threads, melampaui 100 juta pendaftar dalam waktu lima hari setelah peluncuran. Angka tersebut menggeser ChatGPT.
Foto: EPA-EFE/CRISTOBAL HERRERA-ULASHK
Pengguna mengakses halaman login aplikasi media sosial Threads. Threads, melampaui 100 juta pendaftar dalam waktu lima hari setelah peluncuran. Angka tersebut menggeser ChatGPT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saingan Twitter dari Meta Platforms, Threads, melampaui 100 juta pendaftar dalam waktu lima hari setelah peluncuran. Hal tersebut diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg.

Pencapaian Threads menggeser ChatGPT sebagai platform daring dengan pertumbuhan tercepat. Threads mencetak rekor pertumbuhan pengguna sejak diluncurkan pada Rabu (5/7/2023) dengan selebritas, politisi, dan pembuat berita lainnya bergabung.

Baca Juga

"Itu sebagian besar permintaan organik, kami bahkan belum mengaktifkan banyak promosi," kata Zuckerberg dalam postingan Threads, Selasa (11/7/2023).

Menurut data publik terakhir sebelum Musk mengambil alih, Twitter memiliki hampir 240 juta pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi pada Juli tahun lalu. Menurut Similiarweb, lalu lintas web Twitter turun 11 persen dari tahun sebelumnya pada waktu setelah peluncuran Threads. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan empat persen yang turun dari tahun ke tahun pada bulan Juni.

CEO firma infrastruktur internet Cloudflare Matthew Prince membagikan grafik yang menunjukkan lintasan serupa dalam tweet pada akhir pekan lalu. Dia mengatakan lalu lintas Twitter sedang meningkat.

CEO Twitter Linda Yaccarino mengatakan platform tersebut pekan lalu memiliki hari penggunaan terbesar sejak Februari, tanpa memberikan penjelasan detail. Meskipun Threads bukan yang pertama untuk menantang Twitter, pesaing lain yang sedang berkembang seperti Mastodon, Bluesky, Truth Social, dan T2 semuanya masih relatif kecil pada saat ini.

Mastodon memiliki sekitar 7,7 juta total pengguna meskipun kurang dari dua juta dari mereka yang aktif menggunakan layanan ini. Bluesky, layanan baru yang didukung oleh salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey, telah mendaftarkan 265 ribu pengguna sejak meluncurkan beta khusus undangan pada bulan Februari dan mempertahankan daftar tunggu sekitar dua juta lebih, menurut juru bicara.

Dua platform media sosial yang diarahkan untuk konservatif politik, yaitu GETTR dan Truth Social yang didirikan oleh mantan Presiden AS Donald Trump memiliki sekitar 144 ribu dan 607 ribu pengguna bulanan. Musk telah menanggapi kedatangan Threads dengan mengejeknya dan mengancam akan menuntut Meta.

Dia menuduh raksasa media sosial itu menggunakan rahasia dagangnya dan informasi rahasia lainnya untuk membangun aplikasi tersebut. Saat ini, tidak ada iklan di aplikasi Threads dan Zuckerberg mengatakan perusahaan hanya akan memikirkan monetisasi setelah ada jalur yang jelas menuju satu miliar pengguna. Kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan pada pekan lalu Meta tidak mencoba untuk menggantikan Twitter dan Threads bertujuan untuk fokus pada subjek ringan, seperti olahraga, musik, mode, dan desain.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement