Ahad 09 Jul 2023 15:50 WIB

Berapa Kali Seseorang Harus Olahraga dalam Seminggu Agar Tetap Bugar?

Idealnya, seseorang harus berolahraga tiga sampai empat kali dalam sepekan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Menerapkan gaya hidup aktif memiliki banyak manfaat terhadap kebugaran fisik dan kesehatan mental.
Foto:

Makwana menyarankan mencari kelas dengan instruktur khusus atau bergabung di komunitas sehingga bisa berkenalan dengan teman baru sekaligus mendapatkan arahan. Selain itu, tidak disarankan untuk melakukan latihan beban selama beberapa hari berturut-turut.

Alasannya, otot memerlukan waktu di antara latihan untuk pulih. Direkomendasikan ada satu hari jeda di antara sesi latihan sehingga tubuh dapat pulih lebih efisien, terutama di awal melakoni olahraga. Menurut Makwana, latihan beban bisa dilengkapi dengan latihan kardio, tapi jangan dilakukan secara bersamaan.

Untuk hasil optimal, seseorang bisa meningkatkan beban secara bertahap setiap minggu. Jangan lupakan juga istirahat dan cukup tidur yang sangat penting untuk mendukung rutinitas kebugaran.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengubah kadar hormon nafsu makan dalam tubuh, yang menyebabkan peningkatan rasa lapar. Siklus tidur yang terganggu juga dapat menyebabkan mengidam makanan, yang dapat menghambat upaya penurunan berat badan.

"Tidur merupakan 33 persen dari hidup Anda. Oleh karena itu, tidur sangat penting untuk pemulihan Anda jika Anda ingin menjadi lebih kuat, dan lebih baik dalam berolahraga," kata Makwana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement