Senin 16 Jan 2023 14:24 WIB

Berat Badan Turun Banyak Tapi Kulit Jadi Bergelambir, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Gelambir yang muncul setelah berat badan turun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cara menghilangkan gelambir setelah setelah berhasil menurunkan berat badan. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Cara menghilangkan gelambir setelah setelah berhasil menurunkan berat badan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu masalah yang kerap muncul setelah seseorang berhasil mengurangi berat badan melalui program diet adalah munculnya gelambir. Gelambir di tubuh dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan.

Apa penyebab munculnya gelambir setelah penurunan berat tubuh? Munculnya gelambir ini berhubungan dengan elastisitas kulit. Pada dasarnya, lapisan terdalam kulit mengandung banyak jenis protein, termasuk kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan dan menguatkan kulit, serta elastin yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit dan menjaga kekencangannya.

Baca Juga

Saat berat tubuh bertambah, kulit akan meregang untuk memberikan ruang pada penambahan berat tubuh tersebut. Apabila peregangan kulit ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka kondisi ini akan merusak serat kolagen dan elastin kulit. Maka dari itu, ketika terjadi penurunan berat tubuh, kulit yang telah meregang tidak dapat kembali ke kondisi semula sehingga muncul gelambir.

Meski sulit dihindari, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gelambir setelah diet seperti dikutip dari siaran pers Thermolyte Plus, Senin (16/1/2023):

1. Latihan fisik

Latihan fisik dengan melakukan gerakan kardio, ketahanan, dan kekuatan dapat membantu meningkatkan massa otot. Seiring berjalannya waktu, peningkatan massa otot ini dapat membantu memperbaiki kulit yang bergelambir walaupun dibutuhkan waktu yang lama.

2. Konsumsi kolagen

Salah satu elemen penting dalam menjaga elastisitas kulit adalah kolagen. Maka dari itu, dengan mengonsumsi kolagen sesuai dosis yang disarankan oleh dokter maka elastisitas kulit Anda bisa kembali dan dapat membantu memperbaiki kulit yang bergelambir.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement