Jumat 07 Jul 2023 18:27 WIB

Eks Pramugara Ini Justru 'Senang' Pesawat Mengalami Turbulensi, Mengapa?

Selama 13 tahun menjadi pramugara, Jay Roberts tak pernah mengalami turbulensi parah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Pesawat mengalami turbulensi (ilustrasi). Seorang mantan pramugara justru merasa senang ketika turbulensi. Menurut dia, penumpang tak perlu khwawatir berlebihan saat turbulensi terjadi.
Foto: www.freepik.com
Pesawat mengalami turbulensi (ilustrasi). Seorang mantan pramugara justru merasa senang ketika turbulensi. Menurut dia, penumpang tak perlu khwawatir berlebihan saat turbulensi terjadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengalami turbulensi selama di pesawat mungkin bukan hal menyenangkan bagi penumpang. Namun, seorang mantan pramugara

perjalanan kondisi perjalanan yang ideal. Tetapi seorang mantan pramugara justru mengungkapkan fakta mengapa dia menyukai turbulensi.

Baca Juga

Jay Roberts, yang bekerja untuk Emirates dan menjalankan jaringan Cabin Crew Lounge Fly Guy mengatakan, penumpang tidak perlu takut selama turbulensi.

“Saya tidak takut karena saya tahu data riwayat penerbangan dan tahu pesawat tidak jatuh karena turbulensi,” kata Roberts kepada Daily Mail, dilansir laman New York Post, Rabu (5/7/2023).

Roberts mengatakan, berdasarkan pengalaman kerja pribadi, kemungkinan menghadapi turbulensi yang parah jarang terjadi. Sering kali ketika Roberts mengalami turbulensi sebagai penumpang atau anggota kru, "jiwa" anak-anaknya melihat penurunan dan guncangan seperti rollercoaster, dan dia menikmati perjalanannya.

Selain itu, dia dengan nakal mengangap turbulensi adalah ucapan “selamat datang” dari melayani penumpang yang membutuhkan. “Juga, untuk pramugari yang beroperasi, turbulensi sedang sering kali membawa waktu istirahat selamat datang di mana kita dapat duduk dan memiliki batas waktu dari permintaan,” ujar Roberts bercanda.

“Itu salah satu dari sedikit keadaan di mana kami dapat mengabaikan bel panggilan layanan,” katanya lagi.

Roberts mengatakan, turbulensi dapat dibagi menjadi tiga kategori yakni ringan, sedang, dan berat. Turbulensi ringan adalah yang biasa Anda temui selama penerbangan. Roberts menggambarkannya sebagai "tonjolan" di sana-sini.

Dia mengatakan, tanda sabuk pengaman kemungkinan akan menyala, tetapi kru tetap aktif di dalam kabin atau bergerak di dapur tanpa mengubah aktivitasnya.

“Tergantung pada kebijakan maskapai, mereka mungkin tidak akan menegur penumpang karena mengabaikan tanda sabuk pengaman serta akan terus menyajikan teh dan kopi,” ujar Roberts.

Sementara itu, apabila turbulensi sedang, Roberts mengatakan staf penerbangan akan mengesampingkan item layanan dan menghentikan sementara layanan minuman panas atau layanan sepenuhnya. Para kru akan mengambil tempat duduk mereka setelah memastikan semuanya aman.

Menurutnya, mudah untuk mengetahui kapan Anda mengalami turbulensi yang parah. “Anggota kru yang tidak berpengalaman mungkin mulai panik pada saat ini. Pengumuman tegas dari pilot mungkin akan menginstruksikan pramugari untuk segera duduk, berjalan tidak mungkin lagi, dan layanan akan berhenti seketika,” katanya.

Roberts mengatakan, ketika sampai pada tahap ini, kru akan mencari tempat duduk di mana saja untuk menghindari berdiri. Dia juga menjelaskan, awak kabin dilatih untuk meninggalkan kereta mereka tepat di mana mereka berada dan mengambil tempat duduk terdekat, bahkan jika itu berarti duduk di atas penumpang untuk mengamankan diri mereka sendiri.

Roberts menyebut, pesawat itu sendiri akan membuat “perubahan agresif” di ketinggian, menyebabkan barang atau orang apa pun bisa terlempar. “Kerusakan interior pesawat bisa berasal dari troli dan penumpang yang menabrak atap. Penumpang dan awak dapat mengalami cedera pada sistem kerangka mereka selama kategori turbulensi yang langka ini,” ujar Roberts.

Namun, dia dengan cepat meyakinkan orang bahwa ini tidak mungkin terjadi. “Saya bekerja sebagai awak kabin selama 13 tahun di beberapa penerbangan terpanjang di dunia, melintasi area yang terkenal dengan turbulensi udara dan tidak pernah mengalami turbulensi parah,” katanya.

Di sisi lain, sebagian besar waktu, pilot tidak terpengaruh oleh turbulensi. “(Mereka biasanya) hanya mencoba mencari jalan di sekitar gundukan dengan baik lebih tinggi atau di sekitar wilayah udara yang bergelombang. Mereka memutar beberapa tombol, memeriksa radar cuaca, dan kembali membaca buku mereka,” ujar Roberts.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement