Jumat 07 Jul 2023 00:30 WIB

Direkomendasikan Dokter, Ini 3 Suplemen untuk Penderita Brain Fog

Kalau dibiarkan, brain fog bisa pengaruhi produktivitas penderitanya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan menutup wajahnya ketika mencoba mengingat sesuatu (Ilustrasi). Kesulitan berkonsentrasi termasuk salah satu gejala brain fog.
Foto:

Rekomendasi serupa juga diberikan oleh Direktorat Jenderal pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi untuk mengatasi brain fog menurut Direktorat Jenderal pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI:

1. Tidur cukup

2. Coba hal baru

3. Hindari multitasking

4. Latih memori otak

5. Istirahat mental

6. Aktif terlibat secara sosial

7. Terlibat dalam pemikiran mendalam

8. Terapkan pola hidup sehat

9. Menambah nutrisi dengan konsumsi enam jenis suplemen, yaitu vitamin D, omega 3, magnesium, vitamin C, vitamin B kompleks, dan L-theanine.

Orang yang mengalami brain fog setelah terpapar Covid-19 juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis. Dengan begitu, penderita brain fog juga bisa mendapatkan rekomendasi pengobatan yang dapat membantu mengatasi keluhan mereka.

Dokter Amen menyebut, ada beberapa kondisi lain yang dapat memicu terjadinya brain fog selain Covid-19. Kondisi seperti obesitas, stres, ketidakseimbangan hormon, alergi makanan, hingga peradangan. Apa pun penyebabnya, dr Amen mengatakan keluhan brain fog bisa diatasi dengan menerapkan kebiasaan yang menyehatkan otak dan mengonsumsi suplemen antiperadangan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement