Kamis 26 Aug 2021 07:13 WIB

The Milk Cleanse Diklaim Bisa Obati Brain Fog, Faktanya?

Banyak orang yang tertarik dengan klaim khasiat Milk Cleanse.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Susu (ilustrasi). Milk Cleanse yang mengandalkan konsumsi susu plus suplemen digadang bisa atasi brain fog.
Foto: Flickr
Susu (ilustrasi). Milk Cleanse yang mengandalkan konsumsi susu plus suplemen digadang bisa atasi brain fog.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The Milk Cleanse menjadi salah satu suplemen herbal yang diklaim memiliki manfaat untuk mengatasi kelelahan, bahkan brain fog (kabut otak), dan membantu penurunan berat badan. Produk yang harus dikonsumsi bersama susu ini diluncurkan oleh Jedy Levy, seorang pengusaha yang juga dikenal menciptakan Watermelon Juice, minuman favorit penyanyi Beyoncé.

Dengan klaim yang mengagumkan tersebut, banyak orang tertarik dengan Milk Cleanse. Diluncurkan merelalui merek Lab Elymental, produk ini dijual untuk pertama kalinya pada pertengahan tahun lalu.

Baca Juga

Namun, manfaat kesehatan yang diharapkan dari konsumsi Milk Cleanse tampaknya belum menunjukkan bukti kuat. Kyle Staller, seorang dokter ahli gastroenterologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa belum ada bukti nyata bahwa minum susu plus produk suplemen ini bisa mengatasi kelelahan, brain fog, serta menurunkan berat badan.

"Ini mungkin hanya seperti (produk) yang lebih terkenal dibanding yang lain. Tidak ada bukti bahwa suplemen ini memiliki manfaat seperti klaimnya," ujar Staller, dikutip dari Insider, Kamis (26/8).

 

Menurut situs web produk, Milk Cleanse memiliki petunjuk penggunaan spesifik untuk delapan hari pertama. Pertama, minum setidaknya satu gelas susu setiap dua jam setelah bangun tidur dan sebanyak yang dibutuhkan untuk mencegah rasa lapar.

Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman lain, kecuali air dan satu cangkir kopi setiap harinya. Setelah delapan hari, pengguna Milk Cleanse masuk ke fase berikutnya dengan memasukkan makanan bergizi dan campuran suplemen lainnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement