Ahad 02 Jul 2023 15:33 WIB

Madonna Tampak Lelah dan Kurus Sebelum Pingsan, Dokter Angkat Bicara

Madonna sempat pingsan hingga dirawat di ICU beberapa waktu lalu.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Madonna menunda tur konser Celebration setelah menderita infeksi bakteri.
Foto: Evan Agostini/Invision/AP, File
Penyanyi Madonna menunda tur konser Celebration setelah menderita infeksi bakteri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter mengungkapkan Madonna terlihat lelah dan kurus dalam foto yang diambil beberapa hari sebelum dia pingsan karena infeksi bakteri parah. Setelah Ratu Pop itu dilaporkan diintubasi dalam perawatan intensif pada Sabtu (24/6/2023) lalu, petugas medis yang melihat foto-foto Madonna menjelang rawat inap mengatakan penampilannya menunjukkan dia benar-benar sakit.

Foto yang dianalisis oleh dokter termasuk satu set yang diunggah oleh Madonna pekan lalu. Foto tersebut menunjukkan dia sedang berlatih untuk konser "Celebration". Penyanyi berusia 64 tahun itu juga terlihat duduk di depan piano di salah satu jepretan.

Baca Juga

"Dia tidak terlihat seperti Madonna yang biasa saya lihat. Dia terlihat kurus di foto itu. Dia tidak terlihat sehat, tetapi itu semua relevan," ujar dr Thomas Moore, seorang ahli penyakit menular di University of Kansas, seperti dilansir dari laman AceShowbiz, Ahad (2/7/2023).

Menurut dr Moore, Madonna adalah penyanyi yang berdedikasi. "Saya bertanya-tanya apakah dia sedang tidak enak badan, tetapi kemudian memaksakan dirinya terlalu jauh," ujarnya.

Foto lain yang dilihat dr Moore menunjukkan Madonna di pameran Karl Lagerfeld di New York City, sehari sebelum dia dilarikan ke rumah sakit. Foto memperlihatkan Madona dengan rambutnya diikat kepang dan mengenakan topi dan kacamata hitam untuk menyembunyikan penampilannya.

"Dia terlihat kelelahan. Latihan intensif dan stres yang terkait dengan pertunjukan skala besar tidak diragukan lagi merupakan risiko imunosupresi dan masalah kesehatan yang tidak diinginkan," ujar dr Stuart Fischer, yang juga mantan dokter perawatan darurat di New York City, Amerika Serikat.

Menurut dokter yang memiliki pengalaman medis lebih dari 40 tahun, merupakan tanggung jawab dokter untuk menunjukkan hal ini. Hanya karena seseorang adalah selebritas internasional, bukan berarti mereka kebal terhadap penyakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement